Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy J3 via Recovery & Pengaturan

Pengguna Samsung Galaxy J3 seringkali dihadapkan beberapa masalah pada HP yang mereka pakai tersebut. Sebab itu, Anda perlu untuk melakukan reset kembali agar masalah yang menimpa Samsung J3 bisa hilang.

Samsung Galaxy J3 rilis dengan mengusung layar berukuran 5 inci dipasangkan panel Super Amoled dengan desain kekinian. Resolusinya pun sudah sangat mumpuni HD alias 720 x 1280 piksel.

Handphone ini telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 8 MP. Untuk kamera depan, Samsung menyematkan kamera beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.0 didukung LED flash.

Agar semakin handal, Samsung Galaxy J3 dibekalkan prosesor Snapdragon 410 MSM8916v2 yang berkolaborasi dengan RAM 1.5GB sedangkan untuk pengolah grafis Adreno 306. Kapasitas internal storage ponsel ini sendiri sebesar 8GB. Apabila senang mengoleksi video ataupun file multimedia lainnya mungkin memori tersebut terasa kurang. Jangan pesimis dulu, karena tersedia slot microSD card hingga 512GB.

Dari spesifikasi memang bisa dibilang handal, namun itu bukan berarti tidak akan mengalami masalah seperti hang, penyimpanan penuh, kemasukan virus maupun sistem operasinya yang error.

Mereset adalah hal termudah supaya Samsung Galaxy J3 seperti ke awal saat kamu memilikinya. Tidak akan ada lag, lambat serta berbagai masalah lainya.

2 Cara Reset Samsung Galaxy J3 Tanpa PC

Untuk melakukan reset pada Samsung J3, sebenarnya ada beberapa cara, tapi disini saya share yang tanpa menggunakan PC. Ada 2 metode umum yang bisa Anda gunakan pertama melalui recovery yang dikenal dengan Hard Reset dan Factory reset melalui menu pengaturan.

Kedua metode ini bisa diterapkan di semua varian Samsung J3 seperti Galaxy J3 (2017), Galaxy J3 (2016) dan J3 Pro baik itu di Android Lollipop maupun Marshmallow.

Untuk itu, bagi sobat penasaran mengenai cara reset di Samsung Galaxy J3 ini maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Hard Reset Samsung Galaxy J3 via Recovery

Hard Reset adalah metode reset dengan menggunakan recovery, dimana cara ini bisa Anda lakukan apabila mengalami masalah cukup berat seperti hang pada logo Samsung atau lupa kunci pola.

  • Matikan Samsung J3 terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Home + Power bersama selama beberapa detik.
  • Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  • Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  • Pilih opsi Wipe data.
  • Klik OK dengan menggunakan tombol Power untuk konfirmasi.
  • Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  • Samsung J3 akan restart.

Factory Reset Samsung Galaxy J3 via Pengaturan

Factory Reset lebih diperuntukan untuk masalah ringan seperti penyimpanan penuh, game dan aplikasi tertutup sendiri, kemasukan virus, ataupun membersihkan data untuk dijual kembali. Metode reset ini melalui menu Pengaturan Pabrik yang ada di Setelan.

  • Buka Settings yang ada di Samsung J3.
  • Pilih General management.
  • Pilih Reset option.
  • Pilih Factory data reset.
  • Terakhir, tap tombol Reset yang ada dibawah.

Itulah dia 2 cara reset ponsel Samsung Galaxy J3 Touchwiz UI berbasis Android 5.0 Lollipop dan 6.0 Marshmallow dengan mudah, cepat, dan aman.

Akhir Kata

Sekarang tentunya Anda sudah paham cara reset Samsung J3 ini. Semoga dengan adanya panduan ini bisa membantu untuk dapat mengatasi beberapa masalah tanpa harus ke service center.

Bagikan panduan ini ke teman-teman Anda agar mereka bisa mengatasi sendiri masalah yang dialami dengan mudah seperti mengatasi menghilangkan virus, melegakan penyimpanan, membersihkan cache serta file sampah, mengatasi stuck di logo dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin selalu mendapatkan update terbaru informasi ini, maka saya akan menyarankan Anda untuk menyimpan halaman situs ini agar tidak pernah ketinggalan pembaruan dari DroidSmile.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *