√ 4 Cara Mengetahui IMEI Realme Asli Atau Palsu [Rekondisi]

Sama seperti perangkat seluler yang lain HP Realme juga memiliki nomor IMEI yang dijadikan sebagai tanda pengenal. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek IMEI HP Realme ini.

HP Realme saat ini cukup populer di indonesia, meski hanya sebagai sub-brand OPPO tapi kepopulerannya hampir menyamai. Dan biasanya semakin populer sebuah produk pasti ada saja yang membuat produk tiruan atau menjual secara tidak resmi alias BM.

Rata-rata semua perangkat seluler yang dijual secara BM lebih murah dari yang resmi karena selain tidak dikenakan pajak, banyak juga ponsel yang merupakan refurbish atau rekondisi. Dimana handphone tersebut bekas diperbaiki kemudian di poles kembali sehingga tampak baru.

Salah satu cara paling ampuh untuk mengenali HP BM, refurbish atau rekondisi adalah dengan mengecek nomor IMEI. Untuk Anda pengguna ponsel Realme yang belum tahu cara cek IMEI Realme bisa ikuti panduannya disini.

Empat Cara Akurat Cek IMEI Ponsel Realme

4 Cara Cek IMEI HP Realme
Setiap HP Realme dipastikan memiliki nomor IMEI yang berbeda, sama halnya dengan SIM atau KTP. Oleh karena itu, saat Anda membeli smartphone dari Realme, alangkah baiknya untuk mengecek nomor IMEI terlebih dulu.

Ada beberapa cara untuk melihat nomor IMEI Realme, Anda bisa kompare nomor tersebut apakah semua sama atau tidak. Agar lebih yakin lagi Anda bisa cek langsung melalui situs resmi Realme. Untuk selengkapnya ke 4 cara cek IMEI Realme bisa Anda ikuti dibawah ini.

1. Mengetahui via Kode

Cara pertama dengan menggunakan secret kode Android. Kode khusus ini bisa digunakan disemua merk ponsel seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lainnya. Berikut ini cara mengetahui nomor IMEI Realme dengan kode *#06#.

  • Buka aplikasi Telepon yang ada di beranda Realme Anda.
  • Kemudian ketik *#06#.
  • Nanti akan terlihat masing-masing nomor IMEI dikedua SIM.

2. Cek Di Menu Pengaturan

Selain itu Anda juga bisa cek melalui menu Pengaturan. Biasanya tiap device letaknya berbeda-beda, tapi pada umumnya berada di bagian About Phone.

  • Nyalakan ponsel Realme
  • Buka menu Setting atau Pengaturan.
  • Pilih opsi About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Tap menu Status IMEI.
  • Di menu tersebut Anda akan menjumpai nomor IMEI.

3. Melihat Pada Kotak Kemasan

Metode terakhir dengan melihat pada kotak kemasan atau Box Realme, biasanya IMEI tercantum di belakang kotak kemasan. Selain itu terkadang ditempel stiker di belakang body.

  • Ambil kotak kemasan/Box ponsel Realme Anda.
  • Lihat bagian belakang kardus.
  • Pada bagian bawah akan tertera IMEI ponsel.

Ini optional saja, kalau memang kotaknya sudah hilang abaikan saja cara ini.

4. Melalui Situs Online

Selanjutnya cocokan IMEI tersebut, kalau semuanya sama kemungkinan besar handphone Realme tersebut asli. Tapi untuk lebih meyakinkan lagi, Anda bisa melakukan validasi IMEI tersebut di situs resmi Realme atau Oppo.

  • Buka halaman Cek Status IMEI Realme.
  • Masukan nomor IMEI di kolom IMEI.
  • Isi verifikasi kodenya
  • Tap tombol Cek Sekarang.
  • Kalau nomor IMEI tersebut valid akan muncul informasi model ponsel Realme serta status garansinya.

Kalau informasinya di website situs resmi tersebut sesuai, bisa dipastikan smartphone Realme Anda itu asli dan resmi. Akan tetapi sesuai dengan kebijakan pemerintah kita, dimana akan mendata semua perangkat seluler yang resmi beredar di indonesia.

Untuk itu Anda juga harus cek kembali IMEI tersebut apakah memang terdaftar oleh pemerintah atau belum.

Cara Mengetahui IMEI Realme Terdaftar Atau Tidak

Cek IMEI Ponsel Di Kemenperin
Pada pertengahan tahun 2019 pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan mengenai perangkat seluler yang beredar di indonesia dimana setiap perangkat seluler yang dijual di indonesia harus terdaftar IMEI-nya.

Apabila IMEI tersebut tidak ada di database pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) maka perangkat seluler tersebut tidak akan mendapatkan sinyal/jaringan dari operator. HP Realme anda tidak akan bisa digunakan untuk berkomunikasi ataupun mengakses internet dari operator seluler.

Oleh sebab itu, silahkan Anda cek kembali IMEI tersebut di situs Kemenperin agar terhindar dari pemblokiran.

  • Buka halaman https://imei.kemenperin.go.id.
  • Isi nomor IMEI SIM pada kolom sediakan.
  • Tap pada icon yang ada dibawah.
  • Nanti akan tertulis IMEI terdaftar pada database Kemenperin.

Kalau kesemuanya yang saya jabarkan diatas sesuai, silahkan beli HP Realme tersebut.

Akhir Kata

Sekarang, Anda sudah tahu mengenai status IMEI HP Realme tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu agar Anda terhindar dari barang BM, rekondisi bahkan palsu dan juga pemblokiran dari pemerintah.

Share informasi ini ke pengguna Realme yang lain agar mereka juga tidak salah dalam membeli handphone. Terima kasih telah membaca artikel ini dan terus mengunjungi blog ini untuk mendapatkan lebih banyak artikel menarik lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *