Cara Memperbaiki Gboard Keyboard Xiaomi Yang Error

Xiaomi merupakan vendor asal Tiongkok yang semakin dikenal bahkan sudah menempati peringkat 3 di dunia dan peringkat 2 di Tiongkok. Xiaomi disukai karena memiliki spesifikasi yang handal tapi dijual dengan murah, selain itu faktor OS Android yang sudah mereka custom menjadi MIUI merupakan daya tarik tersendiri.

Di dalam MIUI ini terdapat berbagai aplikasi penting dan berguna, salah satunya Keyboard, dimana Xiaomi menyematkan Gboard yang merupakan keyboard buatan Google.

Keyboard buatan Google ini banyak dipakai oleh berbagai produsen Hp sebagai default untuk mengetik. Selain itu kita juga dapat menginstall atau mengupdate versi terbaru Gboard ini melalui Play Store.

Akan tetapi, terkadang versi terbaru dari Gboard ini justru menjadi kurang kompatible dengan Hp kita, sehingga sering sekali saat ingin mengetik tiba-tiba tertutup sendiri. Atau juga terjadi blank, yang mana tampilan keyboard tidak terlihat oleh kita seperti yang saya alami pada smartphone Xiaomi.

Nah, Apabila Anda pengguna Xiaomi yang mengalami hal seperti yang saya sebutkan tadi, disini saya akan memberikan tutorial agar masalah keyboard di Xiaomi Anda bisa diperbaiki.

Cara Memperbaiki Keyboard Gboard di Xiaomi

  1. Pertama-tama Anda buka terlebih dahulu menu Setelan kemudian tap bagian Setelan Tambahan. Selanjutnya klik Menu Bahasa & Masukan.
  2. Langkah selanjutnya akan terlihat beberapa opsi pilihan, Anda tap Gboard setelah di klik biasanya akan muncul notifikasi error “Gboard telah berhenti“.
  3. Setelah itu coba deh, Anda mengetik sesuatu, biasanya keyboard akan normal kembali dan sudah bisa digunakan untuk mengetik.

Akan tetapi, terkadang masalah ini muncul kembali, dan memang sangat mengesalkan dengan bug dari Gboard ini. Solusi lain yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus data Gboard ini.

Cara Hapus Data Gboard Di Xiaomi

  1. Buka Setelan kemudian Anda tap bagian Kelola Aplikasi selanjutnya klik 3 titik di pojok kanan atas dan pilih Tampilkan semua apl
    .
  2. Berikutnya Anda cari aplikasi Gboard kemudian klik aplikasi tersebut. Nantinya pada bagian bawah ada menu Hapus data dan tap menu tersebut.
  3. Kalau sudah, sekarang Anda coba mengetik, kalau berhasil Gboard sudah tidak akan mengalami error lagi.

Alternatif lain adalah dengan mengganti default keyboard dengan menggunakan aplikasi keyboard yang lain seperti Smartkeyboard, TouchPal, Go Keyboard, Swiftkey dan lain sebagainya.

Kalau Anda belum tahu cara mengganti Keyboard di Xiaomi, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Cara Mengganti Keyboard di Xiaomi

  1. Pertama pasang dulu aplikasi Keyboard, disini saya menggunakan Swiftkey via Play Store, Anda bisa menggunakan aplikasi yang lain. tapi mungkin prosedur pengaktifan akan berbeda ya.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih nomor 1 Aktifkan Swiftkey selanjutnya akan muncul menu pilihan untuk mengaktifkan keyboard ini. Dan silahkan aktifkan Keyboard Swiftkey.
    pic by cararoot.com
  3. Setelah itu, tap nomor 2 Pilih Swiftkey dibagian bawah akan terlihat pilihan keyboard. Nah, Anda pilih lagi Keyboard Swiftkey.
    gambar by cararoot.com
  4. Ok, sekarang Anda sudah berhasil mengaktifkan Swiftkey dan keyboard ini sudah menjadi keyboard utama.

Semoga dengan adanya 3 tutorial diatas, masalah Gboard error yang menimpa Xiaomi Anda bisa teratasi. Saya harap tutorial ini bermanfaat.

2 Replies to “Cara Memperbaiki Gboard Keyboard Xiaomi Yang Error”

  1. kalo masalah handphone saya gini :
    saya lagi main terus tiba2 hang, abis itu saya matiin. pas saya nyalain lagi keyboardnya gk muncul di lockscreen. jadinya saya gk bisa masukin password handphone karena gk ada keyboardnya. solusinya gimana ya kira2???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *