Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Sulit Membaca Sidik Jari

Saat ini ponsel keluaran terbaru sudah memiliki fitur pemindai sidik jari (FingerPrint). Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone melalui satu sentuhan sidik jari.

Fingerprint merupakan salah satu metode keamanan yang umum digunakan di Android saat ini. Tidak hanya memperkuat tingkat keamanan saja, tetapi juga membuat pengalaman membuka kunci lebih cepat dan jauh lebih baik.

Tak hanya sekedar berfungsi sebagai pengaman smarpthone, fitur pemindai jari memiliki bermacam manfaat. Anda bisa memudahkan foto selfie dengan menggunakan pemindai jari. Selain itu juga bisa membuka aplikasi dan folder tertentu.

6 Cara Mengatasi Masalah Fingerprint

Cara Mengatasi Fingerprint Bermasalah
Akan tetapi tidak fingrprint ini mengalami masalah seperti kurang cepat dalam memindai atau sulit mengenali sidik jari kita jadi harus mencoba beberapa kali dan error lainya.

Entah itu tidak dapat mendeteksi jari Anda, membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka kunci, atau memang ada masalah di softwarenya. Untuk itu, postingan kali ini akan memandu Anda tentang cara memperbaiki sensor sidik jari yang tidak berfungsi.

1.Bersihkan Sensor Fingerprint dan tangan Anda

Hal pertama dalam memperbaiki pemindai sidik jari (fingerprint) yang tidak responsif adalah membersihkan sensor dan tangan Anda.

Tangan yang kotor dan berminyak akan membuat sensor fingerprint akan sulit membaca sidik jari Anda. Oleh sebab itu selalu pastikan tangan Anda bersih dan juga area sensor tidak berdebu dan kotor.

Anda bisa membersihkan area fingerpint dengan alkohol dan kapas. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali.

2.Posisikan jari Anda dengan benar

Anda juga harus memastikan untuk tidak mengetuk terlalu cepat atau menekan terlalu keras, dan harus menjaga jari Anda tetap diam saat sedang dipindai.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengguna adalah terburu-buru saat menempelkan jari kita di sensor fingerprint. Selain itu juga, banyak yang berpikir kalau menekan dengan keras akan memudahkan sensor membaca sidik jari kita. Anda tidak perlu melakukan itu, justru kalau ditekan akan sulit mengenali sidik jari kita.

3.Terhalang Casing

Biasanya casing yang kurang pas, akan menghalangi bagian sensor. Untuk itu, coba periksa untuk melihat apakah mungkin ada bagian dari bahan casing yang menghalangi sebagian dari sidik jari Anda.

Untuk itu sebaiknya gunakan casing yang memang dikhususkan untuk HP Anda agar tidak menghalangi sensor fingerprint HP Anda.

3.Tambahkan lebih banyak sidik jari

Rata-rata sensor fingerprint memiliki kemampuan untuk menambahkan lebih banyak sidik jari. Anda dapat menambahkan hingga lima sidik jari, dan kemudian Anda akan dapat menggunakan salah satu jari tersebut untuk membuka kunci perangkat.

Sehingga saat Anda belum sempat membersihkan tangan, Anda bisa menggunakan jari yang lain untuk membuka ponsel Anda.

4.Aktifkan layar buka kunci

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Keamanan.
  • Tap Sidik Jari.
  • Pilih Manajemen Sidik Jari (Kata Sandi).
  • Dan sekarang pilih Aktifkan Buka Kunci Layar atau Akses Kunci Aplikasi.

5.Cuaca terlalu dingin Sensor tidak bisa membaca sidik jari

Jika Anda berada di lokasi yang dingin sehingga jari-jari mengkerut dapat menyebabkan sensor fingerprint kesulitan memindai sidik jari Anda.

Selain itu juga, area sensor akan berembun dan ini cukup mempengaruhi kemampuan sensor dalam memindai jari Anda. Untuk itu di lap terlebih dahulu area sensor dari embun dan juga hangatkan tangan Anda sampai tidak mengkerut.

6.Lakukan Reset

Jika fingerprint HP Anda masih tidak mengenali sidik jari Anda, jalan terakhir adalah dengan mereset ulang ke setelan pabrik dan ini akan menghapus semua data, file yang tersimpan di ponsel Anda.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Cari menu Reset.
  • Pilih Factory Reset.
  • Konfirmasi dengan memilih opsi Delete All.

Setelah itu HP Anda akan restart, silahkan konfigurasi ulang fingerprint.

Kesimpulan

Jika Anda sudah mencoba semua perbaikan di atas dan sidik jari masih tidak berfungsi, ada kemungkinan sensornya rusak, atau ada masalah yang tidak dapat Anda perbaiki sendiri.

Anda perlu menghubungi service center sesuai dengan ponsel Anda. Service Center adalah penyedia layanan purna jual resmi untuk memperbaiki ponsel Anda. Teknisi mereka dapat membantu Anda mendiagnosis dan memperbaiki atau mengganti fingerprint HP Anda dengan yang asli.

Demikianlah keenam tips dalam mengatasi beragam masalah fingerprint yang ada di HP Android. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki sendiri tanpa harus ke service center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *