10 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lag & Hang Pada HP Android

Jika Android Anda mengalami masalah lag, macet, hang atau tidak berjalan lancar dan ingin mempercepat ponsel Anda, simak tutorialnya disini.

Lag atau hang merupakan momok bagi pengguna Android dari jaman dulu dan rata-rata masalahnya hanya itu-itu saja.

Cara simple agar HP Anda selalu lancar adalah dengan upgrade HP Anda ke dengan HP yang memiliki spesifikasi tinggi.

Meskipun begitu tetap saja ada batasannya, walaupun HP Anda memiliki spesiifkasi tangguh dan canggih kalau pemakaian di luar batas dan kurang tahu cara menggunakan dengan baik tentunya masalah lag dan hang akan selalu muncul.

Untuk itu sdisini saya akan memberikan 10 solusi untuk mengatasi masalah lag di HP Android.

Cara Mengatasi HP Yang lag

1. Hapus aplikasi yang tidak/jarang digunakan

Semakin banyak aplikasi yang terinstall di Android Anda, semakin berat pula kerja HP kita. Secanggih apapun smartphone Anda tetap ada batasnya.

Untuk itu hapus saja aplikasi atau game yang memang tidak digunakan. Lihat disini cara menghapus aplikasi dan game.

  • Buka menu Setelan.
  • Pilih Aplikasi.
  • Klik Aplikasi yang ingin dihapus.
  • Tap tombol Hapus atau Uninstall.

2. Tutup / Nonaktifkan aplikasi latar belakang.

Untuk menghindari beberapa aplikasi berjalan terus menerus di latar belakang, tap tombol Menu dan tutup semua aplikasi dengan satu klik, atau tutup secara manual satu per satu.

Untuk yang belum tahu cara menonaktifkan secara manual bisa lihat dibawah ini.

  • Buka menu Setelan.
  • Pilih Aplikasi.
  • Klik Aplikasi yang akan ditutup.
  • Tap tombol Paksa Berhenti.

3. Bersihkan cache dan data secara berkala

Kosongkan cache dan pindai virus secara berkala menimal seminggu sebulan sekali untuk membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu juga bisa mengurangi beban kerja Android Anda.

  • Buka menu Setelan.
  • Pilih Aplikasi.
  • Klik Aplikasi yang akan bersihkan.
  • Tap tombol Hapus Cache.
  • Tap tombol Hapus Data.

4. Batasi akses data di setiap aplikasi

Hampir semua aplikasi di Android selalu terhubung dengan internet. Penggunaan akses data pada saat yang bersamaan akan memperlambat ponsel Anda.

Makanya di Android ada fitur Data Saver (Penghemat Data). Anda bisa mengaktifkan fitur Penghemat Data yang berada di Pengaturan.

Selain itu, Anda dapat membuat daftar putih (Whitelist) aplikasi tertentu saja untuk mengontrol penggunaan data di latar belakang bahkan ketika Penghemat Data dihidupkan.

5. Kurangi penggunaan widget

Kurangi penggunaan Wallpaper bergerak dan Widget, karena kedua hal ini cukup banyak menggunakan RAM. Sehingga akan terasa kurang smooth bahkan sering lag.

6. Restart setiap seminggu sekali

Dengan melakukan restart ponsel Anda secara berkala dapat membersihkan cache yang rusak dan mencegah bug sehingga membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar.

Setidaknya direstart HP Anda seminggu sekali agar selalu fresh dan prima.

7. Nonaktifkan update aplikasi secara otomatis

Anda bisa menonaktifkan pembaharuan aplikasi secara otomatis dari Google Play. Seperti kita ketahui aplikasi Google sering sekali melakukan update, memang seh bagus kalau aplikasi selalu terupdate.

Akan tetapi kalau saat bersamaan Anda bermain game tentunya akan terjadi lag selain koneksi internet yang terbagi pemakaian RAM juga tidak akan optimal.

Untuk caranya menonaktifkan pembaharuan otomatis, Anda bisa mengikuti panduan ini.

  • Buka Google Play Store.
  • Klik icon 3 baris di pojok kiri atas.
  • Pilih Setelan.
  • Pilih menu Update aplikasi secara otomatis.
  • Tap Jangan update.

8. Usahakan penyimpanan internal selalu lega

Semakin banyak file yang tersimpan di penyimpanan internal, HP Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membacanya.

Saat sebuah aplikasi meminta proses untuk menyimpan data atau menemukan data yang ada di penyimpanan default, HP Anda kesulitan untuk mengolah data yang diminta sehingga menyebabkan lag bahkan freeze atau hang.

Sebaiknya menyimpan file seperti Video, foto, musik, dan lain lain di Memory Card sehingga penyimpanan internal selalu lega.

9. Hindari Menggunakan HP yang terlalu panas

HP yang terlalu panas salah satu alasan yang memungkinkan terjadinya lag karena biasanya sistem akan otomatis menurunkan clock prosessor untuk menghindari overheat.

Sebaiknya jangan menggunakan HP saat lagi terhubung dengan charger apalagi bermain game. Kalau memang kebelet ingin main game usahakan di ruangan ber-AC atau di depan kipas angin.

10. Lakukan reset pabrik

Reset ke pengaturan pabrik merupakan cara terakhir apabila tips yang saya jabarkan diatas tidak juga berhasil mengatasi masalah lag atau hang.

Apabila memang ingin melakukan reset, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu dan juga pastikan Anda ingat dengan Akun Google.

Akhir Kata

Sekarang, Anda sudah tahu paham penyebab terjadinya lag atau hang dan solusi untuk mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu Anda untuk dapat menggunakan HP Android dengan lancar.

Bagikan informasi ini ke teman-teman pengguna Android lainya agar dapat menemukan solusi untuk mengatasi masalah lag ini.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan terus mengunjungi blog DroidSmile.com untuk mendapatkan lebih banyak tips bermutu seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *