3 Cara Lock 4G Xiaomi Semua Tipe Dengan Kode

Salah satu teknologi yang dihadirkan Xiaomi di semua jenis smartphone-nya adalah 4G LTE yang saat ini menjadi akses internet tercepat. Bagi Anda pengguna Xiaomi yang ingin mengetahui cara kunci / lock jaringan 4G, Anda bisa mengikuti beberapa panduannya di sini.

Teknologi ini juga telah diterapkan oleh semua operator telekomunikasi di negara kita. Meski wilayah yang dicakup 4G masih belum merata, namun sebagian besar pengguna sudah bisa merasakan kecepatan akses internet kencang ini.

Bagi pengguna Xiaomi yang tinggal di daerah yang belum terjangkau atau minim sinyal 4G, akan sulit mendapatkan kualitas jaringan yang baik. Apalagi di lokasi pegunungan atau dikelilingi gedung-gedung tinggi.

Jaringan 4G yang buruk, biasanya sinyal 4G akan sering beralih ke HSDPA atau 3G, kadang malah 2G. Dan inilah salah satu faktor yang sering membuat bermain game online sering nge-lag, download file kurang sempurna dan kuota 4G tidak terpakai.

Untuk mengatasi ini semua, Anda perlu melakukan cara lock jaringan 4G di HP Xiaomi agar sinyal tidak berpindah ke 3G atau 2G.

Tutorial Cara Lock 4G Di Hp Xiaomi

Secara sederhana, jaringan 4G LTE adalah pengembangan dari jaringan 3G. Tentu aja, dalam hal kecepatan, jaringan 4G jauh lebih cepat daripada 3G. Dengan begitu, Anda dapat menikmati internetan dengan koneksi stabil. Melakukan streaming, atau main game online, semuanya dengan lancar tanpa hambatan.

Sembari menunggu adanya jaringan 5G rampung di Indonesia. Jadi, meskipun belum bisa menikmati kecepatan 5G, overall dapat merasakan jaringan 4G yang bisa dibilang sudah cukup memuaskan.

Jika Anda merasa sinyal 4G kurang stabil, sering pindah ke H atau 3G solusinya adalah dengan mengunci jaringan 4G melalui panduan berikut.

Kunci 4G Dengan Kode

Cara Mengunci 4G Xiaomi
Ngelock 4G dengan menggunakan kode jaringan ini, merupakan cara termudah yang bisa diterapkan di Xiaomi. Bahkan hampir semua perangkat Android bisa menggunakan kode ini. Untuk yang belum tahu metode lock 4G LTE via kode jaringan Xiaomi ini bisa ikuti panduan dibawah disini.

  1. Buka aplikasi Telepon.
  2. Dial ke *#*#4636#*#*.
  3. Pilih Informasi Telepon1 .
  4. Lihat opsi Setel jaringan yang disukai.
  5. Pilih 4G LTE Only.

Dalam beberapa detik jaringan 4G LTE akan terkunci dan tidak berpindah-pindah lagi. Untuk mengembalikan settingan awal silahkan pilih LTE/GSM Auto (prl).

Menggunakan Aplikasi

Cara Mengunci 4G Xiaomi via Aplikasi
Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk membantu mengunci 4G pada Xiaomi. Aplikasi ini ringan dan bebas iklan serta kompatible dengan semua HP Android.

Aplikasi ini bernama 4G LTE Switch yang mana cara penggunaanya juga mudah, seperti yang saya jabarkan disini.

  1. Install Aplikasi 4G LTE Switcher via Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih Informasi Telepon.
  4. Pilih Set Preferred Network Type.
  5. Pilih jaringan 4G LTE Only.
  6. Otomatis di status bar jaringan akan berubah ke 4G.

Setelah sinyal 4G sudah muncul dan terkunci, Anda bisa menghapus aplikasi ini apabila sudah tidak dibutuhkan lagi.

Mengunci 4G di MIUI 12

Jika ponsel Xiaomi Anda sudah menggunakan MIUI 12 dan tidak bisa melakukan penguncian dengan aplikasi di atas, coba gunakan aplikasi lain yang bernama Force LTE Only (4G/5G).

Aplikasi ini dapat digunakan di semua ponsel Android bahkan pada versi OS terbaru yaitu Android 11.

Untuk caranya juga mudah, tinggal buka Google Play Store lalu install Force LTE Only (4G/5G).

Jalankan aplikasi tersebut, dan jika sudah masuk ke halaman utama, ada beberapa pilihan metode untuk mengunci 4G maupun 5G. Untuk pengguna MIUI 12 berbasis Android 11 silahkan pilih Method2. Sedangkan untuk versi Android di bawahnya pilih Method1.

Mengaktifkan Prioritas Jaringan 4G

Cara Mengaktifkan Prioritas Jaringan 4G Di HP Xiaomi
Apabila Anda berniat mengubah-ubah prioritas jaringan di ponsel Xiaomi, bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Secara default opsi prioritas di set oleh Xiaomi ke LTE, akan tetapi ada beberapa kasus berubah dengan sendirinya ke 2G.

Untuk mengaktifkan prioritas jaringan 4G di Xiaomi bisa Anda simak panduannya ini.

  1. Buka Setelan HP Xiaomi.
  2. Pilih Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  3. Pilih Slot SIM 1 atau SIM 2.
  4. Pilih Tipe jaringan prioritas.
  5. Pilih Prioritas 4G LTE.

Sekarang HP Xiaomi Anda sudah bisa browsing, main game, streaming dan download sudah tidak akan mengalami gangguan lagi karena perpindahan jaringan.

Solusi Setelah 4G Di Kunci Tidak Bisa Panggilan Masuk dan Keluar

Solusi 4G Tidak Bisa Telepon Xiaomi
Banyak yang mengeluhkan setelah mengunci jaringan 4G pengguna tidak dapat menerima panggilan masuk maupun melakukan panggilan telepon keluar. Hal ini disebabkan jaringan 4G memang hanya di khususkan untuk data saja (internet).

Berbeda dengan 3G/HSDPA yang memungkinkan untuk mengakses internet dan panggilan telepon atau SMS. Oleh karena itu saat Anda ada panggilan telepon otomatis tidak bisa mengakses internet.

Jika Anda ingin mengakses internet maupun panggilan telepon, pastikan ponsel milikmu mendukung teknologi VoLTE (Voice Over LTE). Dan juga operator seluler yang digunakan harus sudah menyediakan layanan VoLTE. Saat ini sudah hampir semua operator sudah mengelar layanan ini seperti SmartFren, Telkomsel, XL dan Indosat.

Dengan kata lain, layanan VoLTE saat ini hanya tersedia di area tertentu dan hanya untuk perangkat tertentu saja. Solusi agar dapat bisa digunakan untuk panggilan masuk atau keluar dengan mengaktifkan fitur VoLTE di ponsel Xiaomi Anda.

Silahkan buka PengaturanKartu SIM & Jaringan Seluler – Pilih Kartu SIM lalu aktifkan VoLTE.

Bila ponsel dan operator seluler Anda mendukung akan muncul ikon HD atau VoLTE di statusbar.

Kesimpulan

Seperti kita ketahui, saat ini operator seluler menyediakan paket internet terbagi-bagi dan ada yang namanya kuota 4G yang artinya hanya bisa digunakan di jaringan 4G.

Kalau jaringan di Xiaomi Anda berubah ke 3G tentunya kuota tersebut tidak dapat terpakai dengan maksimal. Untuk itulah pentinganya kunci sinyal 4G LTE ini.

Demikianlah tutorial mengenai cara lock 4G di Xiaomi baik itu MIUI 12, MIUI 11, MIUI 10 ataupun MIUI 9 yang bisa Anda gunakan agar jaringan tidak berpindah-pindah lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *