Cara Merekam Layar Hp Samsung Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Apakah Anda ingin merekam layar Hp Samsung Anda untuk di jadikan video tutorial, gameplay ataupun hal lainya? Untuk pengguna ONE UI tidak perlu memasang aplikasi perekam layar pihak ketiga.

Di beberapa ponsel Samsung terbaru yang menjalankan One UI sudah dibekali dengan aplikasi bawaan Screen Capture. Perekam layar bawaan ini berfungsi dengan baik dan Anda tidak perlu ribet memasang aplikasi pihak ketiga.

Dengan Perekam layar bawaan dari Samsung, Anda dapat dengan mudah merekam video dan audio di Hp Samsung Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda merekam audio internal maupun eksternal dari mikrofon.

Pilihan penyesuaian termasuk pengaturan untuk mengatur kualitas perekaman video dan mengubah sumber audio. Selain itu, dimungkinkan untuk menjeda rekaman.

Cara Merekam Layar (Screen Recording) Samsung

Mungkin, jika Anda baru mengenal Samsung One UI, Anda mungkin tidak dapat menemukan aplikasi perekam layar. Untuk membuatnya lebih mudah, berikut panduan cepat untuk menggunakan perekam layar bawaan di One UI.

Silahkan Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara merekam layar Hp Samsung A52, A72, A31, A02, A11, M31, A20, A21s dan ponsel Galaxy One UI lainnya.

Cara Setting Perekam Layar

Cara Setting Perekam Layar Hp Samsung
Sebelum mulai merekam layar, sebaiknya Anda mengaturnya terlebih dahulu untuk menentukan sumber suara internal atau eksternal (mikrofon). Selain itu, Anda juga harus menentukan kualitas video.

  1. Buka menu Pengaturan Hp Samsung Anda.
  2. Setelah itu pilih Fitur Lanjutan.
  3. Selanjutnya tap opsi Gambar Layar dan Perekam Layar.
  4. Di bagian Perekam layar, silahkan pilih sumber suara dan kualitas video 1080p, 720p, atau 480p.

Setelah Anda mengatur sumber suara dan kualitas video, Anda sudah dapat memulai proses untuk merekam layar Hp Samsung.

Cara Merekam Layar Melalui Quick Panel

Cara Merekam Layar Hp Samsung
Quick Panel adalah sebuah wadah yang berisi bermacam-macam pintasan aplikasi atau fitur penting. Melalui panel ini Anda akan menemukan shortcut Screen Recording atau Perekam Layar.

  1. Tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka panel Pengaturan Cepat.
  2. Tap 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih tombol Edit.
  3. Di bawah tombol Tersedia, tekan dan tahan ikon Perekam layar dan seret ke area Pengaturan cepat yang aktif.
  4. Setelah itu tap Selesai.
  5. Untuk merekam layar, ketuk tombol Perekam layar yang baru saja Anda tambahkan.
  6. Izinkan untuk merekam video dan audio.
  7. Pilih Saat menggunakan aplikasi jika Anda tidak ingin melihat pop-up ini setiap kali merekam layar.
  8. Pilih pengaturan suara yang Anda inginkan.
  9. Ketuk Mulai merekam dan prosesnya secara otomatis setelah hitungan mundur 3 detik.

Menu overlay perekaman akan muncul di layar tetapi tidak akan terlihat di video keluaran. Anda dapat menyeret kotak mengambang yang muncul di layar untuk menjeda, melanjutkan atau menghentikan perekaman. Atau, Anda dapat menghentikan perekaman layar dari panel notifikasi.

Solusi Jika Ikon Perekam Layar Samsung Tidak Ada atau Hilang

Solusi Jika Ikon Perekam Layar Samsung Hilang
Jika Anda tetap tidak menemukan ikon perekam layar di Quick Panel (Panel Pengaturan Cepat), Coba Anda hapus pembaharuan aplikasi Samsung Capture melalui menu PengaturanAplikasi.

Setelah itu, update kembali aplikasi Samsung Capture tersebut melalui Galaxy Store. Selanjutnya munculkan kembali shortcut Perekam Layar di Pengaturan Cepat (Quick Panel).

Sedangkan untuk melihat hasil screen recording, buka Galeri dan Album lalu pilih Rekaman layar atau buka aplikasi File Manager kemudian Penyimpanan internal dan folder DCIM.

Menggunakan Aplikasi Screen Recording Pihak Ketiga

Cara Merekam Layar Samsung Menggunakan Aplikasi
Apabila memang ponsel Samsung Anda tidak mendukung perakam layar bawaan, cara terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi screen recording yang dapat Anda temukan di Play store.

Banyaknya aplikasi perekam layar terkadang membuat kita bingung untuk memilih, oleh karena itu, DroiSmile memberi contoh 2 aplikasi saja. Untuk yang lain silahkan coba sendiri.

Google Play Game

Aplikasi screen recorder ini khusus untuk merekam game saja, dan satu lagi kelebihannya, aplikasi ini resmi dari Google dan memiliki keunggulan menghemat data dan tidak menguras RAM.

  • Pastikan ponsel Anda telah menginstal aplikasi Google Play Game terbaru.
  • Buka aplikasi, lalu ketuk Rekam Alur Game.
  • Kemudian pilih game yang ingin Anda rekam.
  • Ketuk ikon titik merah dengan kata-kata Rekam Alur Game.
  • Pilih resolusi 480p atau 720p, jika Anda telah mengetuk Luncurkan.
  • Ketuk ikon putar merah, dan perekaman akan dimulai dalam 3 detik.

Aplikasi ini cocok untuk youtuber yang ingin lebih menghemat waktu, karena perekam Google Play Game terhubung ke YouTube yang bisa langsung diunggah.

Mobizen Screen Recorder

Aplikasi lain yang direkomendasikan dari DroidSmile adalah Mobizen Screen Recorder yang hadir dengan fitur melimpah tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Mobizen Screen Recorder adalah tidak menampilkan iklan yang mengganggu penggunaan.

Melalui Mobizen Screen Recorder, pengguna dapat merekam layar dan menentukan resolusi video, bitrate, dan frame rate dengan maksimal 60fps.

  • Buka aplikasi Mobizen nanti muncul beberapa pilihan.
  • Pilih tombol Recorder untuk merekam.
  • Proses perekaman default akan dimulai setelah hitungan 3 detik.
  • Setelah proses perekaman selesai, buka panel notifikasi.
  • Ketuk ikon Pause untuk menjeda.
  • Jika ingin menyelesaikan, ketuk ikon Stop untuk menghentikan proses perekaman.

Setelah itu, kamu bisa langsung masuk ke proses edit video yang sudah dibuat tadi. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya watermark pada setiap layar perekaman video.

Penutup

Anda juga dapat melihat video yang direkam dari panel notifikasi itu sendiri tepat setelah selesai melakukan perekaman. Setelah semuanya beres, silahkan di upload di sosial media ataupun Youtube.

Demikianlah tutorial cara merekam layar Samsung seperti Galaxy A02, A11, A21s, 52, M31, A20, A72, A31 dan ponsel berbasis One UI lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *