Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android Semua Merek

Bagi Anda yang masih kesulitan untuk mengaktifkan Opsi Pengembang, berikut saya akan bagikan cara termudah, tercepat dan terefisien untuk mengakses menu Developer Option ini.

Developer option atau Opsi pengembang adalah salah satu fitur yang ada di setiap HP Android. Tapi fitur ini tidak untuk pengguna umum, Google menyediakan opsi ini untuk para developer saja.

Fitur-fitur yang ada di Opsi pengembang ini sangat bermanfaat buat para pengembang aplikasi sehingga mereka bisa menguji aplikasi buatan mereka melalui HP atau PC.

Meskipun Anda bukan pengembang aplikasi, Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur yang ada seperti USB Debugging, Mock Location, OEM Unlock, Windows Transition dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang

Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang pada dasarnya semua HP Android memiliki cara yang sama. Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa petunjuk untuk memudahkan Anda masuk ke menu Opsi Pengembang ini.

Ada 2 metode umum yang sering digunakan untuk bisa mengakses menu ini pertama melalui menu Setelan dan yang kedua menggunakan aplikasi.

Lewat Menu Pengaturan

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Lewat Pengaturan
Opsi pengembang terletak di dalam menu Pengaturan, tapi berhubung letaknya tersembunyi, Anda mengaktifkan terlebih dahulu dengan beberapa langkah seperti yang saya jelaskan dibawah ini.

  1. Buka menu Settings.
  2. Pilih About Device.
  3. Pilih Software Info
  4. Pada tulisan Build Number.
  5. Tap sebanyak 7x secara berturut-turut.
  6. Setelah itu akan muncul notiifkasi ‘You are now a developer!
  7. Sekarang buka Opsi Pengembang.
  8. Aktifkan menu tersebut.

Menggunakan Aplikasi Developer Option Shortcut

Aplikasi Shortcut Developer Option
Alternatif mudah lainnya adalah mengaktifkan opsi pengembang dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk melakukan ini.

Disini saya mencontohkan menggunakan aplikasi Developer Option Shortcut yang bisa Anda dapatkan di Play Store.

  1. Install aplikasi Developer Option Shortcut.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut.
  3. Otomatis langsung masuk ke Opsi Pengembang.
  4. Aktifkan toggle menu Opsi Pengembang.
  5. Selesai.

Fitur-Fitur Yang Ada Di Opsi Pengembang

Berikut ini saya sertakan beberapa fitur yang ada di dalam opsi pengembang yang dapat digunakan untuk berbagai hal keren untuk lebih memaksimalkan HP Android Anda.

Perlu Anda tahu, ada beberapa fitur yang ada di opsi pengembang dapat menyebabkan Android Anda tidak bekerja dengan normal. Untuk itu sebaiknya berhati-hati jika ingin mengaktifkan beberapa fitur yang ada di opsi pengembang.

1. Mock Location

Saat ini banyak aplikasi di Play Store ataupun diluar sana yang menawarkan Anda untuk memalsukan lokasi Anda dan menipu aplikasi lain agar mengira Anda berada di tempat yang berbeda. Biasanya banyak digunakan oleh para driver ojol nakal yang ingin mencurangi sistem.

2. OEM Unlock

Fitur ini berguna bila Anda ingin melakukan Unlock Bootloader atau ingin membuka akses root.

3. USB debugging

Bila Anda ingin menghubungkan Android Anda ke PC agar bisa membaca log, ataupun memberikan perintah shell yang lainya, Anda harus mengaktifkan fitur USB Debugging ini. Salah satu contohnya melakukan mirroring screen dari Android ke PC.

4. Force Apps into Split-Screen Mode

Split Screen atau Multi Window adalah fitur yang memungkinkan pengguna melihat dua aplikasi secara bersamaan dengan membagi layar menjadi dua bagian. Akan tetapi tidak semua aplikasi yang mendukung Split Screen. Agar aplikasi tidak mendukung tersebut bisa di Split Screen, Anda harus mengaktifkan fitur ini.

5. Window & Transition Animation Scale

Menonaktifkan atau mengurangi setelan animasi ini dapat membantu mengurangi konsumsi baterai HP Anda dan juga dapat mengurangi lag/lemot saat membuka atau menjalankan aplikasi maupun game.

Penutup

Demikianlah 2 metode yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke menu Opsi pengembang yang ada di HP Android milikmu. Semoga kedua cara diatas bisa membantu Anda untuk lebih memaksimalkan fitur Android.

Silahkan bagikan informasi ini apabila bermanfaat ke teman-teman Anda. Supaya mereka juga bisa dengan mudah dan cepat mengakses menu ini dan menggunakan beberapa fitur penting seperti USB Debugging, Lebar Kecil, dan lain sebagainya.

Jika ada bagian dari tutorial ini yang belum Anda pahami, saya harap bertanya melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *