Cara Factory dan Hard Reset HP Lenovo Semua Tipe

Semua HP Lenovo sudah dilengkapi dengan opsi Reset, dimana fitur ini berguna untuk memperbaiki bermacam masalah yang dialami oleh ponsel Lenovo Anda. Cara reset Lenovo yang saya share ini tanpa menggunakan PC, Anda cukup melakukanya melalui HP Lenovo.

Permasalahan umum yang dialami pengguna biasanya diakibatkan oleh data yang korup, setelan yang tidak benar, file sampah yang menumpuk dan aplikasi yang mengandung virus. Hal-hal seperti ini yang biasanya menyebabkan HP Lenovo Anda mengalami error bahkan terkadang mengalami bootloop atau stuck di logo Lenovo.

Reset adalah penghapusan semua data yang ada di sebuah perangkat baik itu setelan, kontak, file sampah, cache, aplikasi dan game yang telah terinstall. Dengan demikian semua masalah yang saya sebutkan tersebut bisa diatasi hanya dengan reset saja.

Cara reset Lenovo ini ada 2 metode umum yang biasa digunakan oleh para tukang service HP, pertama melalui menu Setelan Pabrik atau Factory Reset dan kedua reset via Recovery atau Hard Reset.

Cara Factory Reset HP Lenovo Melalui Menu Pengaturan

Factory Reset Lenovo
Factory Reset melalui menu Setelan Pabrik ini, bisa Anda gunakan apabila hanya mengalami masalah seperti aplikasi sering tertutup sendiri, penyimpanan memory penuh, menghapus aplikasi atau game yang terinfeksi virus dan lain sebagainya. Untuk proses lengkap cara factory reset Lenovo ini, bisa Anda ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka Setelan yang ada di HP Lenovo.
  2. Pilih Buat Cadangan dan Atur Ulang.
  3. Pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  4. Pilih Setel Ulang Telepon.
  5. Pilih Hapus Semua
  6. Setelah itu otomatis HP Lenovo Anda akan restart, dan melakukan reset data.

Proses restart ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. Kalau berhasil akan masuk ke menu Setup Wizard. Sekarang Lenovo Anda menjadi seperti baru kembali, semua data-data yang ada di Lenovo kamu sudah terhapus.

Cara Hard Reset HP Lenovo Lewat Recovery Mode

Cara Reset Lenovo Lewat Recovery
Hard Reset adalah opsi reset melalui mode recovery, berhubung recovery ini letaknya tersembunyi, jadi perlu cara khusus untuk bisa mengakses menu ini. Anda bisa menggunakan metode Hard reset ini apabila Lenovo Anda mengalami masalah tidak bisa masuk ke sistem atau hanya stuck di logo Lenovo alias Bootloop.

  1. Pertama masuk ke menu recovery, caranya matikan HP Lenovo terlebih dahulu setelah itu tekan tombol Volume Atas Dan Power tahan sejenak dan lepaskan.
  2. Setelah berada di recovery, pilih menu Wipe data/Factory Reset.
  3. Kemudian pilih Yes – Delete All User Data.
  4. Setelah itu pilih menu Wipe Cache Partition.
  5. Kemudian pilih Yes – Delete All Wipe CAche.
  6. Kalau sudah, pilih Reboot System Now.

Tips – Gunakan tombol Volume Bawah untuk mengulir ke bawah dan tombol Power untuk Enter.

Akhir Kata

Demikianlah 2 cara reset HP Lenovo yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki error yang menimpa HP Anda. Semoga salah satu cara yang saya pandu diatas bisa menyelesaikan masalah di HP Lenovo.

Silahkan di share tutorial ini ke teman ataupun kerabat Anda dan agar bisa dengan mudah memperbaiki HP mereka tanpa harus ke tempat service.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan terus mengunjungi untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik berhubungan dengan HP Lenovo. Jika Anda menemukan masalah yang berhubungan dengan cara reset ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu Anda untuk mengatasi masalah yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *