3 Cara Reset Oppo Semua Model Baru dan Lama

Bila Anda salah satu pengguna smartphone dari Oppo baik itu HP lama ataupun baru yang berniat ingin mereset, Ada 3 cara mudah yang dapat akan ikuti dengan aman.

Semakin lama Oppo dipakai, akan bertambah banyak cache tertumpuk yang akan membuat kinerjanya menurun. Dan ini akan mengakibatkan smartphone Oppo Anda sering mengalami error, lemot, ngelag bahkan terkadang menyebabkan bootloop.

Agar Oppo Anda tidak mengalami hal-hal tersebut, coba dengan mereset dulu. Reset adalah sebuah tindakan untuk menghilangkan semua data maupun setelan yang ada pada Hp Oppo kita agar kembali ke pengaturan pabrik.

Nah, kalo belum tahu caranya di sini akan dijelasin langkah-langkah untuk cara reset Oppo baik itu model lama maupun model baru. Kesemua metode reset cukup mudah untuk dilakukan oleh seorang pemula sekalipun.

Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik
Tidak ada perangkat yang bisa terbebas dari masalah, pasti ada beberapa pengguna akan menemukan sejumlah error baik di masa sekarang maupun yang akan datang. Masalah seperti penyimpanan penuh sampai bootloop umumnya acap kali menimpa smartphone.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi masalah yang akan ditemukan oleh pengguna, Oppo telah menyiapkan fitur yang namanya reset. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Namun, reset akan menghapus semua data dan file, sebaiknya lakukan backup sebelum mengikuti panduan disini. Berikut ini, tiga cara reset Hp Oppo yang mudah dan aman.

1. Factory Reset

Cara Factory Reset Oppo
Bila Anda berniat menjual ponsel Oppo milikmu, fitur reset ini bisa digunakan untuk membersihkan semua data yang tersimpan.

Selain itu, factory reset juga dapat Anda gunakan untuk menghapus file sampah, cache dan lainnya. Anda juga bisa menghapus aplikasi atau game yang mengandung virus.

Untuk prosedur cara factory reset HP Oppo dapat Anda simak dibawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan Oppo.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Tap menu Buat Cadangan dan Reset.
  4. Tap opsi Cadangan & Pulihkan.
  5. Step selanjutnya tap opsi Buat Cadangan Baru.
  6. Pilih menu Reset data pabrik.
  7. Terakhir pilih Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus.

Setelah itu Hp Oppo Anda akan restart. Silahkan tunggu dalam beberapa menit sampai selesai. Setelah proses selesai, silahkan atur kembali pengaturan Hp lalu lakukan restore semua data dan file.

Factory reset juga sering digunakan jika ingin menjual ponsel ke orang lain agar pengguna baru tidak dapat mengakses semua data dan dokumen penting Anda. Rekomendasi lakukan reset sebanyak 2 sampai 3 kali jika ingin menjualnya supaya benar-benar bersih.

2. Hard Reset

Cara Hard Reset Oppo
Hard Reset merupakan metode mereset lewat recovery, yang mana dapat Anda manfaatkan jika terjadi masalah yang cukup serius seperti tidak bisa masuk beranda alias bootloop. Atau dikarenakan terkunci layar dengan pola atau sandi.

Menggunakan cara ini cukup ampuh mengembalikan Hp Oppo ke kondisi normal apabila terjadi masalah serius. Cara hard reset ini tentu lebih baik, karena mampu membersihkan ponsel Anda secara menyeluruh. Namun, pastikan akun Google, baik itu email atau password masih diingat.

Untuk yang belum tahu cara hard reset Oppo, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  1. Pastikan Hp dalam kondisi Power OFF (Mati).
  2. Setelah itu pencet tombol Volume Bawah dan Power bersamaan.
  3. Lepaskan jika muncul logo Oppo.
  4. Setelah masuk ke ColorOS recovery, Anda pilih English.
  5. Pilih menu Wipe Data .
  6. Tap opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  7. Konfirmasi dengan tap tombol OK.
  8. Setelah muncul Wiped Successfully.
  9. Klik tombol OK dan terakhir Reboot.

Setelah itu, ponsel akan mengalami restart dan tunggu sampai proses selesai dalam beberapa menit. Jika sudah, masukan kembali akun Google.

Namun perlu diperhatikan bahwa hard reset ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel, oleh karena itu sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu.

3. Reset Lewat Find My Device

Cara Reset Hp Oppo Lewat Google Find My Device
Find My Device adalah salah satu layanan Google yang berguna untuk meremote HP Oppo dari jarak jauh. Biasanya layanan ini digunakan untuk mencari HP Android yang hilang atau dicuri.

Nah, bagi yang kehilangan HP, selain untuk melacak, Anda juga bisa mengunci atau mereset dari jarak jauh agar yang menemukan handphone Oppo Anda tidak bisa melihat data maupun file yang tersimpan.

Berikut cara reset Oppo lewat layanan Google Find My Device.

  1. Untuk mengaksesnya bisa gunakan PC atau HP lainya.
  2. Buka Browser Chrome.
  3. Masuk ke https://google.com/android/find.
  4. Isi Email Google dan sandinya.
  5. Pilih HP Anda dari menu di sebelah kiri.
  6. Pilih opsi Hapus Data.
  7. Konfirmasi dengan tap tombol Hapus.

Nah, itulah ketiga cara ampuh mereset Hp Oppo yang dapat mengatasi hampir semua masalah pada ponsel-mu. Apabila factory serta hard reset diatas tidak mampu menyelesaikan masalah, terpaksa harus melakukan flash ulang firmware atau membawa ke service center Oppo.

Kesimpulan

Agar data maupun file penting tidak terhapus, sebaiknya rutin melakukan backup dan supaya performa ponsel tetap bagus setidaknya 6 bulan sekali lakukan factory reset.

Sekarang, Anda sudah mengerti cara mereset Oppo baik itu melalui menu Pengaturan ataupun Recovery. Semoga dengan adanya panduan ini bisa membantu kalian untuk mengatasi bermacam problem yang menimpa handphone Oppo.

Bagikan tutorial ini ke teman-teman agar mereka juga dapat memperbaiki sendiri Oppo kepunyaannya dari masalah seperti terkena virus, penyimpanan penuh, mentok di logo Oppo, ngelag saat bermain game dan berbagai error lainya.

Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan metode reset ponsel Oppo, Silahkan berkomentar di bawah, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *