Cara Factory Dan Hard Reset Ulang Hp Redmi 7 / 7A

Reset Redmi 7 dan Redmi 7A – Untuk memperbaiki berbagai error yang menimpa pada Redmi 7 atau 7A Anda, cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mereset Anda terlebih dahulu. Bagi yang tidak tahu caranya disini saya akan tuntun agar berhasil factory dan hard reset Xiaomi Anda.

Xiaomi menghadirkan Redmi 7A dengan tampilan body yang lebih ramping dan slim dari pendahulunya. Ponsel ini menyajikan layar LCD IPS berukuran 5.45 inci beresolusi 720 x 1440 dengan rasio 18:9 dan dilindungi kaca pelindung Gorilla Glass.

Selain memiliki body dan layar menarik, Redmi 7A ini juga terbilang memiliki komponen andalan. Xiaomi menyematkan chipest Snapdragon 439 yang dikolaborasikan dengan prosessor Octa-Core 1.95 GHz sehingga memiliki kemampuan yang apik.

Ditambah lagi, dengan adanya RAM 2GB, GPU Adreno 505 dan penyimpanan internal 16GB. Xiaomi membekalinya dengan interface MIUI 11 berbasis Android 9 Pie.

Cara Reset Xiaomi Redmi 7 dan Redmi 7A

Walaupun Hp ini tergolong mumpuni, beberapa pengguna mengalami permasalahan pada Redmi 7A miliknya, mulai dari sistem operasi hang, semakin lama makin lambat hingga aplikasi tidak bisa terinstall.

Factory Reset biasanya merupakan solusi awal para pengguna ketika Hp-nya mulai merasa lemot karena telah banyak data yang menumpuk di internal.

Sebaiknya sebelum melakukan Factory atau Hard Reset, Anda harus ingat akun Google dan akun MI, jika Anda tidak ingat dengan passwordnya nanti Hp akan terkunci sampai Anda bisa memasukan password dengan benar.

Factory Reset Lewat Menu Setelan

Salah satu fitur reset bisa Anda temukan di menu Setting. Reset pabrik ini berguna untuk mengembalikan ponsel Xiaomi Anda ke keadaan semula.

  1. Buka Setelan selanjutnya pilih Tentang Telepon kemudian Factory Reset.
    Factory Reset Xiaomi Redmi 7
  2. Setelah itu, Anda tap Erase All Data. Nanti akan muncul pilihan untuk melakukan Backup atau langsung Factory Reset. Rekomendasi silahkan Anda backup semua data penting ke PC atau Mi Cloud.
    Backup dan Factory Reset Redmi 7
  3. Jika sudah, silahkan tap Factory Reset lalu pilih NEXT. Konfirmasi OK jika sudah yakin untuk mereset ponsel Anda.
    Konfirmasi OK Reset Redmi 7
  4. Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Hp Xiaomi Anda akan Reboot, proses reboot akan sedikit lama dari biasanya berkisar antara 10 – 30 menit.

Hard Reset Lewat Recovery Mode

Jika Hp anda tidak bisa masuk ke menu pengaturan, Anda masih bisa melakukan reset lewat mode recovery. Berikut cara hard reset melalui recovery mode.

  1. Pertama tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan terus kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
    Menu Mi Recovery Redmi 7A
  3. Setelah itu Anda pilih menu Wipe All Data yang ada di atas tombol Back to main menu.
    Wipe All Data Redmi 7A
  4. Selanjutnya akan muncul Confirm Wipe of all data?, Anda pilih Confirm kalau merasa yakin untuk Reset data.
    Confirm Wipe All Data Redmi 7A
  5. Kalau sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu kemudian Reboot dan pilih Reboot System untuk menghidupkan kembali ponsel milikmu.

Penutup

Kami menyarankan Anda mencadangkan data Anda sebelum Anda mengatur ulang ke pengaturan pabrik. Hal ini untuk mencegah hilangnya data pribadi di memori internal, seperti gambar, aplikasi, dan kontak yang tersimpan di memori ponsel.

Catatan: Untuk mencegah data yang tersimpan di kartu SD Anda terhapus, keluarkan kartu SD dari ponsel Anda.

Begitulah 2 cara reset yang bisa Anda gunakan pada Hp Xiaomi dan metode reset di atas sudah dicoba pada Redmi 7A yang menggunakan MIUI 11 berbasis Android 9 Pie.