Cara Reset Samsung Galaxy J7 Pro / Prime Untuk Para Pemula

Cara Reset Samsung Galaxy J7 Pro / Prime – Apakah handphone Samsung Anda lagi mengalami masalah? reset ulang menjadi cara terbaik yang bisa Anda praktekan untuk mengatasinya.

Smartphone terbaru Samsung ini mengusung prosesor Octa-Core yang memiliki clockspeed 1.6 GHz dari chipset Exynos 7 Octa 7870 bertandem dengan RAM 3GB. Demikian juga mengolah grafis, Samsung melengkapinya dengan GPU ARM Mali-T830.

Di HP ini Samsung juga sudah menyertakan fitur Reset, dimana dengan adanya fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatasi berbagai error, sekedar menghapus data untuk dijual kembali ataupun mengembalikan performa seperti semula.

Ada 2 metode reset yang telah disiapkan oleh Samsung. Anda bisa mengikuti salah satu metode dibawah ini.

Cara Reset Samsung Galaxy J7 Pro / Prime via Pengaturan

Dengan hanya memiliki penyimpanan yang cuma 16GB akan cepat sekali penuh. Selain berisi data game dan aplikasi, file sampah dan cache akan menyebabkan HP ini kehabisan ruang penyimpanan. Untuk melegakan kembali atau membersihkan file tersebut dengan mereset ulang Samsung J7 Anda.

Selain itu, reset juga dapat memperbaiki beberapa masalah yang di alami HP Anda contohnya mengalami lemot saat membuka aplikasi atau dikala bermain game. Mengalami hal aneh yang mungkin saja disebabkan oleh virus yang bersembunyi di salah satu aplikasi yang Anda install.

Kalau Anda mengalami hal seperti yang saya sebutkan tadi, coba lakukan reset lewat pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Gulir ke bagian bawah halaman dan pilih General management.
  3. Pilih menu Reset dan selanjutnya Reset Data Pabrik.
  4. Baca informasi di layar dan ketuk Setel Ulang Perangkat.
  5. Masukkan pin perangkat Anda, kunci layar atau kata sandi.
  6. Tap Hapus Semua yang ada dibawah.

Untuk proses restart akan memakan waktu sedikit lama, berkisar antara 5 – 10 menit. Setelah masuk ke menu Set up And akan di minta memasukan kembali akun Google dan Samsung yang terdaftar.

Jadi saya harap Anda jangan sampai lupa kedua akun tersebut ya. Kalau memang Anda pelupa, alangkah lebih baiknya sebelum di reset, hapus terlebih dahulu kedua Akun tersebut.

Cara Reset Samsung Galaxy J7 Pro / Prime via Recovery

Jika HP Samsung J7 Pro maupun Prime Anda mengalami masalah yang cukup fatal sehingga tidak bisa masuk ke beranda biasa dikenal dengan istilah bootloop. Anda bisa mengatasi hal ini dengan reset lewat menu Recovery.

  1. Matikan Samsung J7 Anda.
  2. Tekan Volume Atas, Home dan Power bersamaan dan tahan sampai terlihat ikon Android.
  3. Setelah itu akan masuk ke Android Recovery.
  4. Gunakan tombol volume bawah untuk menelusuri opsi.
  5. Pilih Wipe Data / Factory Reset dengan mengklik tombol Power.
  6. Pilih Yes dan klik tombol Power untuk konfirmasi.
  7. Tunggu hingga reset ini selesai.
  8. Terakhir pilih Reboot System Now.

Ket: Apabila menggunakan 3 jari tidak berhasil masuk ke Recovery coba gunakan hanya tombol Volume Atas dan Power saja.

Panduan cara reset Samsung Galaxy J7 Pro dan Galaxy J7 Prime ini dapat digunakan di Android Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie.

Penutup

Samsung Galaxy J7 Pro dihadirkan untuk meneruskan kesuksesan Galaxy J7 Prime. Dimana didatangkan dengan teknologi layar Super Amoled berukuran 5.5 inci serta resolusi telah 1080 x 1920 piksel, kualitas gambar pada layar juga sangat mumpuni.

Sekarang ke bagian yang merupakan nilai jual Samsung J7 Pro yaitu, kamera. Yang mana Samsung menyematkan kamera di bagian belakangnya dengan lensa beresolusi 13 MP memiliki aperture f/1.7 dengan dukungan PDAF.

Galaxy J7 Pro menggunakan penyimpanan bawaan yang berkapasitas 16GB berpasangan dengan RAM 3GB. Ponsel ini support penyimpanan eksternal MemoryCard hingga 256GB.

Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan kedua metode reset Samsung ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *