Cara Screenshot Samsung A12 Swipe dan Panjang

Mengambil screenshot atau screen capture di HP Samsung Galaxy A12 kini sudah menjadi hal yang lumrah oleh pengguna. Kita sering kali melihat pengguna mengunggah tangkapan layar di media sosial atau pesan instan.

Biasanya pengguna membuat screenshot di ponselnya untuk menunjukkan kepada teman suatu peristiwa yang muncul di layar ponselnya. Atau ada juga yang hanya menyimpannya di galeri sebagai kenang-kenangan atau bukti aktivitas yang mereka lakukan.

Semua ponsel Android telah dibekali dengan fitur Screenshot. Untuk memanjakan penggunanya, Samsung menghadirkan beberapa fitur screenshot tambahan agar memudahkan penggunanya dengan cepat dan mudah mengambil tangkapan layar.

4 Cara Screenshot Samsung A12 Tanpa Aplikasi

Setiap perangkat Samsung dibekali dengan fitur screenshot, meskipun begitu terkadang ada berbeda saat menggunakan OS Android versi lain.

Untuk pengguna Samsung Galaxy A12 terdapat 4 cara untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah tanpa aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menggunakan salah satu metode yang saya pandu di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung Dengan Tombol

Cara Screenshot Samsung A12 Dengan Tombol
Cara seperti ini tersedia di semua smartphone Android, ini adalah cara klasik lama untuk mengambil screenshot di perangkat Anda. Cukup tekan tombol Volume + Daya bersamaan dan Hp Samsung Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar.

  1. Buka terlebih dahulu halaman yang ingin Anda screenshot.
  2. Lalu tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama.
  3. Anda akan mendengar suara kamera yang disertai dengan kedipan pada layar.
  4. Setelah itu akan muncul thumbnail hasil screenshot dan beberapa fitur pilihan editing.

Cara Screenshot Samsung Dengan Palm Swipe

Cara Screenshot Samsung A12 Dengan Palm Swipe
Metode pertama untuk mengambil screenshot Hp Samsung paling mudah adalah dengan fitur Palm swipe to capture. Dengan adanya fitur ini, Anda hanya perlu mengusap sisi telapak tangan Anda di layar dan perangkat akan secara otomatis mengambil screenshot. Untuk mengaktifkan Plam swipe to capture pada seri Samsung A12 yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Buka menu Settings Hp Samsung.
  2. Lalu pilih Advanced Features.
  3. Kemudian pilih opsi Motions and Gestures.
  4. Silahkan aktifkan fitur Palm swipe to capture.
  5. Sekarang tentukan area layar yang ingin Anda screenshot.
  6. Berikutnya usap layar dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri untuk mengambil tangkapan layar.

Cara Screenshot Panjang Samsung

Cara Screenshot Panjang Samsung A12
Fitur ini sangat memudahkan untuk penggunannya yang ingin mengabadikan informasi dalam web atau dokumen yang panjang ke dalam satu gambar saja.

  1. Pertama, ambil tangkapan layar dengan Palm Swipe atau menekan tombol Volume Bawah + Power.
  2. Setelah itu muncul beberapa pilihan opsi seperti Scroll Capture, Share, dan Crop.
  3. Pilih Scroll Capture yang bergambar tanda panah mengarah ke bawah.
  4. Terus tekan dan itu akan menggulir ke bawah pada layar Anda.
  5. Setelah selesai, lepaskan dan Anda akan mendapatkan screenshot panjang di galeri Samsung.

Jika ikon Scroll Capture tidak muncul, silahkan aktifkan dulu di PengaturanFitur LanjutanGambar LayarBilah Alat Gambar Layar.

Cara Screenshot Samsung Lewat Google Assistant

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengambil tangkapan layar menggunakan Asisten Google. Jika Anda telah mengonfigurasi Asisten Google, cukup ucapkan “Ok Google” lalu ucapkan “take screenshot”. Anda akan kehilangan kemampuan pengeditan instan.

Akhir Kata

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Hp Samsung A12, jendela edit tangkapan layar akan terbuka dengan beberapa opsi seperti Bixby Vision, Draw, Crop, dan Share. Fungsi Draw akan memungkinkan Anda untuk menggambar di atas screenshot sementara Scroll capture mengambil screenshot panjang. Bixby Vision akan memindai tangkapan layar dan memberi Anda informasi tentang konten yang tersedia di dalamnya.

Demikianlah keempat cara screenshot Samsung A12 tanpa root dan aplikasi pihak ketiga. Semoga salah satu metode diatas bisa bermanfaat dan memudahkan Anda untuk menyimpan hasil screenshot dalam bentuk gambar.