Cara Split Screen HP Vivo Membelah Tampilan Layar

Di Vivo fitur Split Screen dikenal dengan Smart Split, fitur ini memang bukan hal baru, karena sejak Android Marshmallow sebenarnya sudah tersedia opsi split screen.

Vivo menyematkan fitur Smart Split yang berfungsi untuk membagi tampilan layar sehingga bisa menampilkan 2 jendela aplikasi sekaligus. Dengan fitur ini akan memudahkan Anda melakukan 2 aktivitas secara bersamaan, misalnya saat menonton Youtube Anda juga dapat membalas pesan Whatsapp dari teman atau pacar.

Nah, untuk Anda pengguna HP Vivo yang belum tahu cara mengaktfikan atau menggunakan Smart Split bisa mengikuti kedua panduan dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Smart Split Di Pengaturan Vivo

Cara Mengaktifkan Smart Split Vivo
Di menu pengaturan HP Vivo telah tersedia opsi untuk membelah layar menjadi 2 bagian yang bernama Smart Split. Di fitur ini memungkinkan Anda melakukan Split Screen hanya dengan 3 jari.

Berikut ini cara mengaktifkan Smart Split di HP Vivo.

  1. Buka menu Settings di ponsel Vivo.
  2. Kemudian pilih opsi Smart Split.
  3. Nanti muncul 3 pilihan, silahkan pilih Manual screen-split.
  4. Kemudian aktifkan Slide three fingers downward to split the screen.
  5. Sekarang buka aplikasi pertama seperti Youtube, WhatsApp atau aplikasi lainnya.
  6. Kemudian usap layar menggunakan tiga jari dari atas ke bawah.
  7. Secara otomatis layar akan terbagi menjadi dua bagian.
  8. Selanjutnya pilih aplikasi kedua di layar bagian bawah.

Tapi sayang, tidak semua aplikasi bisa di Split Screen hanya beberapa aplikasi saja yang support seperti Facebook, Youtube, Whatsapp dan Instagram.

Cara Split Screen Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Split Screen Shortcut
Sedangkan untuk pengguna Vivo yang tidak tersedia opsi Smart Split, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi Split Screen Shortcut menurut saya yang paling mudah digunakan.

  1. Download dan Install aplikasi Split Screen Shortcut di Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasi, kemudian pilih Aktifkan.
  3. Akan muncul notifikasi “Harap aktifkan Split Screen pada Pengaturan Aksesibilitas Android Terlebih dahulu“.
  4. Silahkan tap Buka Pengaturan Android.
  5. Menu Aksesibilitas akan terbuka, pilih Split Screen selanjutnya geser tombol untuk mengaktifkannya.
  6. Selanjtunya konfirmasi dengan pilih Oke.
  7. Anda akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan mode Split Screen seperti tekan lama tombol home, tombol back, melalui notifikasi atau Quick Panel.

Untuk menggunakan aplikasi Split Screen Shortcut ini, pastikan ponsel Vivo Anda menggunakan minimal OS Android 7.1 Nougat keatas.

Akhir Kata

Split Screen memang sangat berguna untuk multi tasking, akan tetapi ponsel Anda membutuhkan RAM dan baterai yang besar untuk menjalankan fitur ini. Oleh karena itu, di beberapa HP Vivo yang memiliki RAM 2GB tidak tersedia fitur ini meskipun ponsel milikmu menggunakan Android 10.

Kalau memang ingin memaksakan menggunakan fitur ini bisa memanfaatkan aplikasi Split Screen Shortcut meski tidak sebaik fitur Smart Split.

Itulah tutorial cara mengaktifkan Split Screen atau Smart Split pada perangkat Vivo. Semoga dengan panduan di atas memudahkan Anda melakukan multi tasking dua aplikasi sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *