3 Cara Mengatasi Error Bootloop HP Vivo Mentok Di Logo

Cara Memperbaiki HP Bootloop Vivo – Sekian waktu HP Vivo kalian gunakan akan semakin sering mengalami error bahkan terkadang menyebabkan bootloop. Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi seperti ini.

Memang pada dasarnya smartphone buatan Vivo ini tergolong handal dalam software maupun hardware. Tetapi semua perangkat ada masanya dimana akan mengalami kondisi yang kurang menyengkan, sering error, makin melambat, bahkan tidak bisa booting atau bootloop.

Reset ke pengaturan pabrik seringkali menjadi pilihan para pengguna Vivo kalau Hp-nya mulai terasa lambat yang diakibatkan semakin banyak data yang tersimpan di internal.

Akan tetapi untuk pengguna yang mengalami bootloop atau hanya stuck pada logo Vivo, reset sering sekali tidak mampu mengatasinya.

Mengenal Bootloop dan Penyebabnya

Bootloop adalah sebuah kondisi dimana perangkat kita tidak bisa menyelesaikan proses booting. Ciri-cirinya HP Vivo Anda hanya stuck di logo vivo saja dan tidak bisa masuk ke beranda.

Penyebabnya bermacam-macam bisa karena kerusakan data, software bahkan hardware. Masalah ini bisa menimpa perangkat apa saja entah itu ponsel, PC, tablet dan lain sebagainya.

Bootloop yang diakibatkan karena kerusakan data bisa Anda perbaikinya dengan melakukan reset saja. Sedangkan yang diakibatkan karena masalah software Anda bisa mengatasinya dengan instalasi ulang software HP Vivo milikmu.

Untuk yang kerusakan hardware butuh keahliann tersendiri karena harus mengganti komponen yang rusak tersebut dan lebih baik Anda membawanya ke service center Vivo.

3 Cara Mengatasi Bootloop Pada Vivo

Anda bisa mengatasi sendiri masalah bootloop yang dialami HP Vivo kepunyaanmu dengan catatan hanya karena kerusakan data dan software saja.

Satu hal sebagai catatan, proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di dalam Hp Vivo Y67 Anda sehingga sebaiknya semua sudah dibackup. Tak kalah penting, Anda tidak lupa akan akun Google.

1. Hard Reset Lewat Recovery

Jika Vivo Anda mengalami kerusakan data sehingga hanya stuck di logo saja, Anda bisa memperbaikinya dengan melakukan Hard Reset lewat Recovery

Lalu bagaimana untuk cara hard reset Vivo yang baik dan benar? Silahkan ikuti tutorial cara untuk mereset terhadap Vivo yang bisa Anda ikuti dengan tepat.

  1. Tekan tombol Volume Atas dan Power bersama-sama
  2. Kalau benar akan muncul Fastboot Mode. Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume turun dan memilih dengan menekan tombol Power.
    fastboot mode Vivo Y67
  3. Setelah berada di Vivo Recovery pilih Wipe Data yang ada di urutan 2 dari atas.
    wipe data Vivo Y67
  4. Setelah itu ada 2 pilihan Wipe Data dan Wipe Cache Partition. Pertama Anda lakukan Wipe data terlebih dahulu.
    wipe data Vivo Y67
  5. Nanti akan muncul pemberitahuan “Wipe Data? operation can’t be reversed” Anda pilih tombol Wipe Data
    konfirmasi wipe data Vivo Y67
  6. Kalau wipe data sudah selesai akan muncul notifikasi Sucessfull klik tombol OK
    wipe data Vivo Y67 sukses
  7. Sekarang Anda pilih Wipe Cache Partition. Setelah “Wipe Cache Partiton? operation can’t be reversed” Anda pilih tombol Wipe Cache Partition
  8. Kalau sudah, pilih tombol Back dan selanjutnya Reboot.

Disini proses restart akan sedikit lebih lama sekitar 5 – 15 menit, kalau sudah lebih dari 30 menit masih stuck di logo Vivo, itu bearti masalah bootloop cukup parah mungkin ada problem di software dalam hal ini Android.

2. System Repair Mode via Recovery

Jika masalah bootloop ponsel Vivo Anda tidak berhasil diperbaiki dengan reset, kemungkinan ada masalah di sistem Android. Untuk itu, Anda bisa mencoba menggunakan fitur System Repair Mode yang ada di Vivo Recovery.

Fitur System Repair Mode ini akan melakukan perbaikan sistem Android dengan menginstall ulang ROM (firmware) HP Vivo Anda. Semua proses akan dikerjakan secara otomatis oleh recovery dari download ROM sampai instalasi ulang.

Untuk menggunakan System Repair Mode ini, Anda membutuhkan akses internet dalam hal ini WIFI.

  1. Silahkan pilih System repair mode yang terdapat di Vivo Recovery.
  2. Kemudian pilih Download & Install Package.
  3. Pada Scanning WiFi hubungkan dengan Wifi.
  4. Setelah terhubung dengan Wifi, otomatis Vivo akan mengunduh firmware dan memperbarui sendiri.

Proses ini akan lama jika internet Anda pelan, bahkan bisa berjam-jam. Untuk itu pastikan internet pada Wifi yang Anda gunakan cepat.

3. Install Ulang Software HP Vivo via SDcard

Cara Install ROM Vivo via SDcard
Jika hard reset dan System repair mode tetap tidak mampu mengatasi HP Vivo Anda yang alami bootloop, cara ketiga ini mungkin bisa jadi solusinya.

Anda bisa mencoba untuk melakukan instalasi ulang firmware (ROM) secara manual melalui recovery. Disini Anda membutuhkan Memory Card/Sdcard untuk meletakan file ROM.

  1. Download ROM Vivo sesuai dengan HP Anda. Untuk mendownloadnya Anda bisa menggunakan PC ataupun HP lain.
  2. Setelah file ROM selesai didownload, pindahkan ke SDcard. Letakan file tersebut di luar folder.
  3. Masukan SDcard yang berisi ROM tersebut ke HP Vivo yang bootloop.
  4. Tekan Volume Atas dan Power secara bersamaan sampai logo vivo muncul untuk masuk ke mode Fastboot.
  5. Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume Bawah dan memilih dengan menekan tombol Power.
  6. Setelah berada di Recovery pilih Wipe data.
  7. Selanjutnya pilih Install Update.
  8. Kemudian pilih SDcard.
  9. Cari dan pilih file ROM yang ada di SDcard.
  10. Langkah selanjutnya pilih Next untuk memulai proses instalasi.

Jika proses instalasi telah selesai otomatis HP Vivo Anda akan restart dengan sendirinya dan memulai untuk proses booting. Jika berhasil nanti akan masuk ke beranda untuk melakukan pengaturan dari awal lagi.

Jika masih belum berhasil juga, Anda bisa mencoba flash lewat PC tapi cukup sulit prosesnya. Nanti kalau ada kesempatan saya bagikan tutorial flash lewat PC.

Akhir Kata

Demikianlah 2 cara mudah memperbaiki Vivo yang bootloop. Semoga dengan adanya kedua panduan diatas bisa mengatasi problem tersebut yang menimpa handphone kesayangan Anda.

Saya berharap HP Anda hanya diakibatkan karena kerusakan data dan software saja sehingga bisa diperbaiki dengan hard reset dan instalasi ROM (software) melalui SDcard.

Untuk tutorial tambahan lainya, silahkan sering berkunjung ke blog ini dan jika ada bagian yang kurang Anda pahami, gunakan kolom komentar untuk bertanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *