√ Cara Cek IMEI HP Infinix Agar Terhindar Dari Barang Palsu dan Ilegal

Sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang IMEI, saat ini Anda perlu hati-hati dalam membeli HP. Pasalnya nomor IMEI yang tidak terdaftar akan diblokir. Untuk itu sangat diharuskan untuk mengecek ke validitas IMEI tersebut. Di sini saya akan pandu Anda untuk cek IMEI HP Infinix.

IMEI adalah nomor identitas khusus untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Nomor IMEI terdiri dari 15 atau 16 digit, dan untuk yang menggunakan Dual SIM, tiap slot kartu GSM akan memiliki nomor IMEI sendiri.

Nomor IMEI ini memuat berbagai informasi dari nama produk, brand, tanggal produksi dan lain sebagainya. Dan tentunya hal ini akan memudahkan kita untuk mengetahui barang tersebut asli atau palsu.

Selain banyaknya produk palsu, di indonesia sendiri banyak kita temukan barang ilegal yang biasa kita sebut Black Merket. Biasanya barang BM dijual lebih murah dari harga resemi, karena barang BM selain tidak membayar pajak, biasanya barang rekondisi (refurbish).

Cara Cek IMEI HP Infinix

Cara Cek IMEI Infinix
1. Melalui Pengaturan – Masuk ke menu Setting kemudian pilih About Phone. Nantinya nomor IMEI HP Infinix akan tercantum di sana. Sedikit informasi, beberapa beberapa model tertentu ada kalanya harus masuk ke submenu untuk menemukan nomor IMEI.

2. Lewat Kode – nomor IMEI ponsel juga dapat diketahui dengan mengetik *#06# di menu telepon (USSD). Nomor IMEI ponsel akan muncul di layar usai “kode” itu diakses.

3. Lihat Di Stiker/Body – Infinix biasanya menempelkan stiker nomor IMEI di belakang HP. Jika tak menempel di bodi ponsel atau stiker itu pudar atau terkelupas, maka IMEI bisa ditemukan di kardus HP Infinix bagian luar.

Cara Cek Validitas IMEI HP Infinix

Cara Cek Validitas IMEI HP Infinix
Infinix sebagai perusahaan produsen smartphone, turut mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan penjualan HP black market (BM) atau ilegal di Indonesia.

Oleh karena itu, mereka menyiapkan sebuah halaman khusus di situs resmi mereka untuk cek otentikasi IMEI yang tertera di HP Infinix Anda.

Untuk Anda pengguna yang ingin mengecek validitas HP Infinix, berikut ini caranya.

  1. Buka situs Infinix di https://www.infinixmobility.com/id/care/imei-authentication.
  2. Isi nomor IMEI yang telah Anda dapatkan tadi.
  3. Klik tombol Ajukan yang ada dibawah.
  4. Nanti akan muncul status IMEI HP Infinix Anda.

Cara Cek IMEI HP Infinix Di Kemenperin

Cek IMEI Di Kemenperin
Untuk mengatasi barang ilegal ini, pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai IMEI, dimana apabila IMEI HP yang Anda beli tidak terdaftar oleh pemerintah. HP tersebut tidak akan bisa menggunakan kartu SIM dari operator seluler di Indonesia.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan, mengimbau masyarakat agar mengecek terlebih dahulu nomor IMEI ponsel sebelum membeli.

  1. Pertama, ketik https://imei.kemenperin.go.id di kolom browser.
  2. Nanti akan masuk halaman home cek IMEI Kementerian Perindustrian.
  3. Masukkan nomor IMEI di dalam kolom yang tersedia.
  4. Kemudian ketuk ikon kaca pembesar.
  5. Tunggu beberapa saat, layar perangkat akan menampilkan status IMEI ponsel.

Apabila muncul status “IMEI terdaftar di database kemenperin” itu bearti HP infinix yang Anda beli diakui oleh pemerintah dan terbebas dari blokir.

Sekarang pastinya Anda sudah tahu cara agar tidak salah membeli HP Infinix yang palsu, rekondisi dan terhindar dari pemblokiran oleh pemerintah. Keuntungan regulasi tersebut bukan hanya untuk produsen, melainkan juga konsumen karena akan terlindungi dari kerugian membeli ponsel ilegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *