Cara Mengaktifkan Split Screen HP Infinix Semua Model

Split Screen adalah salah satu fitur yang ada di Android, yang memungkinkan Anda membuka 2 aplikasi secara bersamaan di HP Infinix Anda. Untuk pengguna yang belum tahu cara mengaktifkan Split Screen ini bisa mengikuti panduan dibawah ini.

Semenjak Google menghadirkan OS Android 7.0 Nougat, fitur Split Screen atau Multi Window mulai disematkan. Banyak pengguna yang merasa fitur ini sangat bermanfaat untuk memudahkan menjalankan 2 aplikasi bersamaan.

Proses kerja Split Screen ini adalah dengan membagi layar menjadi 2 bagian untuk masing-masing aplikasi. Misalkan, Anda menonton Youtube agar bisa sambil membalas pesan Whatsapp Anda cukup mengaktifkan fitur ini. Jadi Anda tidak perlu repot menutup aplikasi Youtube jika ingin menggunakan Whatsapp.

Tentunya para pengguna HP Infinix bisa memanfaatkan fitur Split Screen ini asalkan ponselnya sudah menggunakan operasi sistem minimal Android Nougat. Tapi tidak semua aplikasi mendukung fitur ini.

Cara Mengaktifkan Split Screen HP Infinix

Cara Mengaktifkan Split Screen HP Infinix
Untuk Anda yang belum tahu cara mengaktifkan Split Screen di handphone Infinix, sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan aplikasi yang ingin di bagi layarnya melalui Recent Apps. Berikut ini caranya.

  1. Buka dulu aplikasi yang ingin di Split Screen.
  2. Tap tombol Menu yang dibagian sebelah kiri.
  3. Di Recent app, Anda akan melihat beberapa aplikasi yang sedang berjalan di background.
  4. Klik tanda 2 baris, jika ada tanda contreng itu berarti tidak support.
  5. Setelah itu layar akan terbagi menjadi dua bagian atas dan bawah.
  6. Pada bagian bawah Anda tinggal menambahkan aplikasi lain.

Sampai disini Anda sudah bisa memanfaatkan fitur ini di HP Infinix. Di beberapa ponsel Infinix saat di Recent app terlihat tulisan Drag here to use split screen. Anda tinggal drag aplikasi ke tulisan tersebut untuk menggunakan fitur Multi Window ini.

Cara Split Screen Infinix Menggunakan Aplikasi

Meskipun begitu tidak semua telah dibekali dengan fitur ini, terutama HP Infinix yang hanya memiliki RAM 2GB dan menjalankan OS Pie atau Android 10.

Ponsel dengan hanya memiliki RAM sebesar 2GB tentunya berat untuk menjalankan OS terbaru, sehingga pihak Infinix menghilangkan beberapa fitur.

Jika memang Anda memaksakan untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

  1. Download dan Install aplikasi Split Screen Shortcut di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Split Screen tadi, kemudian pilih Aktifkan.
  3. Akan muncul notifikasi “Harap aktifkan Split Screen pada Pengaturan Aksesibilitas Android Terlebih dahulu“.
  4. Selanjutnya klik Buka Pengaturan Android.
  5. Menu Aksesibilitas akan terbuka, pilih Split Screen selanjutnya geser tombol untuk mengaktifkannya.
  6. Berikutnya konfirmasi dengan pilih Oke.
  7. Anda akan diberi pilihan untuk mengaktifkan mode Split Screen seperti menekan lama tombol beranda, tombol kembali, melalui notifikasi atau Quick Panel.

Sekarang Anda tinggal menggunakan fitur ini, untuk menjalankan 2 aplikasi secara bersama-sama. Tapi ingat, HP Infinix yang memiliki keterbatasan RAM tentunya membuat aplikasi ini terkadang tidak berkerja dengan baik.

Kesimpulan

Split Screen atau Multi Window memang berguna sekali untuk kita melakukan sebuah tugas, misalkan menonton video sambil mengetik notes.

Akan tetapi fitur ini membutuhkan pemakaian RAM yang besar agar bisa berjalan dengan lancar. Jadi jangan heran jika tiba-tiba ponsel Anda restart ataupun aplikasi tersebut tertutup dengan sendirinya.

Dan ini menjadi salah satu alasan kenapa fitur ini tidak ditemukan di handphone Infinix Anda terutama yang memiliki RAM yang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *