Cara Mengatasi HP Oppo Bootloop/Stuck/Hang/Mentok Logo

Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara mengatasi masalah bootloop pada HP Oppo tanpa menggunakan PC. Anda bisa memperbaiki sendiri seperti tutorial yang ada disini.

Bootloop adalah sebuah istilah dimana HP mengalami kondisi tidak bisa masuk ke beranda alias stuck/mentok di logo. Pengguna Oppo bisa mengatasi masalah ini dengan panduan yang saya berikan ini.

Masalah bootloop ini bukan hanya terjadi di Oppo saja, tapi di semua device yang menggunakan perangkat lunak (OS). Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, oleh sebab itu biasanya produsen perangkat seluler menyediakan kita solusi.

2 Solusi Mengatasi Oppo Yang Bootloop

Oppo sendiri memberikan kita beberapa solusi, tapi yang umumnya ada 2 metode mudah yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk memperbaiki sendiri problem bootloop ini.

Tapi tentunya tidak semua error stuck di logo ini bisa terselesaikan, kalau memang kerusakan yang diakibatkan oleh salah satu komponen atau hardware tentunya tidak akan bisa kalau hanya di reset atau di flash.

Metode hard reset dan flash ulang firmware hanya berlaku jika masalah tersebut berhubungan dengan software yang mengalami crash ataupun hilangnya salah satu file sistem.

Untuk Anda yang masih awam tentang masalah ini bisa mengikuti panduan dibawah ini.

1. Hard Reset

Terjadinya crash pada sistem Android bisa menyebabkan kerusakan data, dan ini bisa mengakibatkan sistem tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak bisa masuk ke beranda dan hanya mentok atau hanya di logo Oppo saja.

  1. Pertama masuk ke ColorOS Recovery.
  2. Matikan HP Oppo Anda.
  3. Tekan tombol Volume Bawah dan Power, tahan sejenak kemudian lepaskan.
  4. Setelah masuk ColorOS Recovery pilih English.
  5. Pilih menu Wipe Data .
  6. Pilih opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  7. Klik tombol OK untuk konfirmasi.
  8. Kalau proses Wipe sudah selesai Wiped Successfully
  9. Tap OK.
  10. Anda sudah bisa memilih opsi Reboot.

Hard Reset HP Oppo
Anda tinggal menuggu saja dalam beberapa menit, kalau sekitar 30 menit tetap tidak bisa masuk ke beranda. Coba lakukan flash firmware seperti dibawah ini.

2. Install Ulang Firmware

Jika problem bootloop Anda masih juga belum bisa diatasi hanya dengan reset saja, cara mudah lainya yang bisa Anda coba gunakan adalah menginstall ulang firmware HP Oppo Anda.

Cara flash ini tidak memerlukan PC, pasalnya Anda hanya cukup melakukannya lewat menu install yang ada di ColorOS Recovery. Simak baik-baik panduan ini.

  1. Download Firmware sesuai dengan HP Oppo Anda.
  2. Pindahkan file ROM tersebut ke SDcard/Memory Card.
  3. Jangan menaruh file tersebut di dalam folder.
  4. Masukan SDcard ke HP Oppo yang bootloop.
  5. Masuk ke ColorOS Recovery.
  6. Pilih Install From storage devices.
  7. Pilih From SDcard.
  8. Pilih ROM yang di download tadi.
  9. Tap tombol YES untuk konfirmasi.
  10. Otomatis memulai proses instalasi.
  11. Tunggu sampai selesai.

Cara Mengatasi Oppo Bootloop Dengan Flash

Anda bisa menggunakan PC untuk mendownload firmware atau gunakan HP lain, disini yang penting bisa memasukan firmware tersebut ke Memory Card.

Kesimpulan

Dengan adanya tutorial ini semoga membantu Anda untuk memperbaiki sendiri handphone Oppo yang mengalami bootloop alias mentok di logo.

Share tutorial ini ke pengguna Oppo yang lain agar mereka bisa mengatasi sendiri masalah bootloop di HP mereka. Terus mengunjungi blog ini untuk mendapatkan lebih banyak tips terkait Android.

Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan panduan diatas, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang Anda kurang pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *