Cara Reset HP Vivo Semua Model Lama dan Baru

Reset HP Vivo sering dilakukan oleh pengguna untuk menghilangkan lag, hang, lupa pola dan password, kesalahan aplikasi, dan lain sebagainya. Bagi yang belum tahu caranya, silakan ikuti tutorial mendetail di artikel ini.

Sebagaimana Hp pada lazimnya, sekian waktu pemakaian, lama kelamaan kinerja akan menurun sudah tidak seperti dulu lagi. Dan biasanya juga akan sering mengalami error seperti aplikasi force close, tidak bisa install aplikasi bahkan terhenti pada logo Vivo bisa dialami.

Seperti halnya ponsel pada umumnya, setelah digunakan, performa akan menurun seiring berjalannya waktu. Dan biasanya akan sering terjadi error seperti aplikasi force close, sering hang atau lag, bahkan stuck di logo Vivo.

Melakukan reset adalah hal yang pertama yang harus Anda coba lakukan untuk mengatasi berbagai masalah di Vivo Anda.

3 Opsi Reset Yang Ada Di Semua Ponsel Vivo

Semua perangkat baik itu seluler maupun PC telah dibekali dengan fitur reset yang mana berguna untuk menghapus data dan mengembalikan pengaturan ke bawaan pabrik. Nantinya, Vivo Anda akan seperti baru kembali.

Satu hal sebagai catatan, proses ini akan menyebabkan seluruh data, file sampah dan cache akan terhapus. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan backup semua file penting yang tersimpan di memory penyimpanan HP Vivo milikmu.

Selain itu, pastikan juga tidak lupa akan akun Google yang terdaftar. Sebab sejak Android Lollipop keatas, ada yang namanya fitur FRP (Factory Reset Protection) yang mana setelah di-reset, Anda akan diminta untuk login dengan akun Google sebelumnya.

Ada 3 opsi reset yang paling mudah Anda terapkan di semua HP Vivo, yakni lewat pengaturan, recovery mode dan reset lewat Google Find My Device.

Factory Reset Melalui Pengaturan

Cara Reset HP Vivo via Pengaturan
Jika Anda mengalami masalah seperti lag atau lemot, sering hang, aplikasi tidak merespon, terinfeksi virus/malware, penyimpanan penuh atau hanya sekedar menghapus data untuk menjual ponsel Vivo Anda, silahkan melakukan reset lewat pengaturan.

  1. Buka Pengaturan yang ada di Vivo Anda.
  2. Pilih opsi Pengaturan lainnya.
  3. Kemudian pilih Buat cadangan dan setel ulang.
  4. Pilih Hapus semua data
  5. Tap tombol Bersihkan sekarang yang ada dibagian bawah.
  6. Tap pilih Hapus semua.
  7. Setelah itu HP Anda akan restart dengan sendirinya.

Silahkan tunggu sampai proses reset pabrik ini selesai sekitar 3 sampai 5 menit. Dan setelah factory reset selesai, maka HP Anda akan kembali ke pengaturan pabrik.

Hard Reset Lewat Recovery

Cara Hard Reset Lewat Recovery
Selain reset lewat pengaturan pabrik, Anda juga bisa menggunakan metode alternatif lain, dengan reset melalui recovery. Anda bisa menggunakan metode reset ini apabila mengalami masalah seperti bootloop atau stuck di logo Vivo dan terkunci oleh password maupun pola.

  1. Terlebih dahulu Anda matikan Vivo V9 ini, biarkan dulu beberapa saat kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan
  2. Kalau benar akan muncul Fastboot Mode. Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume turun dan memilih dengan menekan tombol Power.
  3. Setelah berada di Vivo Recovery pilih Wipe Data yang ada di urutan 2 dari atas.
  4. Setelah itu ada 2 pilihan Wipe Data dan Wipe Cache Partition.
  5. Pertama Anda lakukan Wipe data terlebih dahulu.
  6. Nanti akan muncul pemberitahuan “Wipe Data? operation can’t be reversed” Anda pilih tombol Wipe Data
  7. Kalau wipe data sudah selesai akan muncul notifikasi Sucessfull klik tombol OK
  8. Sekarang Anda pilih Wipe Cache Partition.
  9. Setelah “Wipe Cache Partiton? operation can’t be reversed” Anda pilih tombol Wipe Cache Partition
  10. Kalau sudah, pilih tombol Back dan selanjutnya Reboot.

Sekarang Anda tinggal menunggu proses restart yang agak sedikit lama, kalau sudah berhasil masuk ke menu Setup, itu berarti Anda berhasil mereset Vivo.

Reset Menggunakan Google Find My Device

Reset Vivo via Google Find My Device
Jika Anda gagal melakukan factory reset atau hard reset, Anda dapat menggunakan layanan Google Find My Device. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan ponsel Anda masih terhubung dengan akun Google dan akses internet baik itu Wifi atau data seluler.

  1. Masuk ke halaman Google Find My Device dengan menggunakan browser PC atau gunakan handphone teman/saudara.
  2. Login dengan Akun Google yang dikaitkan pada Vivo Anda.
  3. Kalau sudah terhubung, akan muncul informasi ponsel Anda seperti status baterai.
  4. Pilih opsi Hapus dari bawah informasi perangkat.
  5. Kemudian konfirmasi dengan klik tombol Hapus Perangkat.
  6. Berikutnya, Anda akan diminta memasukkan lagi kata sandi Akun Google.
  7. Setelah itu, otomatis ponsel Anda akan melakukan reset dengan sendirinya.

Jika Anda pengguna Vivo berbasis Android Lollipop keatas yang layarnya terkunci oleh Pola, PIN atau Sandi bisa mencoba menggunakan layanan Google untuk mereset kunci layar tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah ketiga cara mereset data pada ponsel Vivo baik itu yang baru atau HP lama. Jika Anda masih belum berhasil, sebaiknya lakukan instal ulang softwarenya atau silahkan bawa ke pusat layanan terdekat.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan terus mengunjungi untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik seperti ini. Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan reset Vivo ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *