Solusi HP Realme Bootloop Tidak Bisa Masuk Beranda

Jika Anda pengguna HP Realme yang bootloop atau hang di logo sehingga tidak bisa masuk ke beranda, disini saya memberikan 2 solusi mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah bootloop ini.

Semua perangkat berbasis perangkat lunak tidak bisa lepas dari masalah, seperti smartphone yang mana bekerja dengan hardware dan software.

Permasalahan bootloop ini tidak terlepas dari hardware yang rusak ataupun software/program dan data yang mengalami crash sehingga sistem tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Bila bootloop tersebut diakibatkan karena masalah software, kemungkinan besar Anda bisa memperbaiki sendiri tanpa harus ke tempat service. Biasanya tukang service akan memvonis HP Realme Anda mengalami kerusakan hardware sehingga biaya akan lebih mahal.

2 Cara Memperbaiki HP Realme Yang Bootloop

HP Realme Yang Bootloop
Bootloop adalah kondisi dimana HP Realme Anda tidak berhasil melakukan proses booting dengan sempurna sehingga hanya stuck atau terdiam di logo Realme.

Apabila Anda ingin memcoba memperbaiki sendiri ponsel Realme yang bootloop, Anda 2 cara paling mudah dan tanpa PC yang bisa Anda pratekkan meskipun Anda termasuk orang awam tentang HP sekalipun.

Untuk mengatasi bootloop ini pertama Anda bisa mencoba dengan melakukan Hard Reset terlebih dahulu, jika tidak berhasil baru mencoba melakukan instalasi ulang OS Android lewat recovery.

Cara Pertama Dengan Reset

Wipe Data Cache Oppo
Kerusakan data adalah hal yang paling sering dijumpai oleh pengguna smartphone dan ini tergolong masalah ringan, Anda bisa mengatasinya dengan hanya melakukan hard reset saja.

Akan tetapi Anda harus merelakan semua data, aplikasi dan game akan ikut terhapus.

  1. Pertama masuk ke ColorOS Recovery.
  2. Matikan HP Realme Anda.
  3. Tekan tombol Volume Bawah dan Power, tahan sejenak kemudian lepaskan.
  4. Setelah masuk ColorOS Recovery pilih English.
  5. Pilih menu Wipe Data .
  6. Pilih opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  7. Klik tombol OK untuk konfirmasi.
  8. Kalau proses Wipe sudah selesai Wiped Successfully
  9. Tap OK.
  10. Anda sudah bisa memilih opsi Reboot.

Disini Anda tinggal menunggu handphone Realme Anda selama beberapa menit, jika lebih dari 30 menit bearti salah satu bagian dari sistem Android yang ada di HP Anda terhapus ataupun rusak.

Anda bisa mencoba dengan melakukan install ulang seperti pada penjelasan berikut ini.

Cara Kedua Dengan Install Ulang Software

Flash Oppo via Sdcard
Jika ada salah satu file atau aplikasi yang berada di sistem terhapus, korup atau rusak, ponsel Anda tidak akan bisa berkerja dengan baik bahkan bisa menyebabkan bootloop.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba dengan melakukan instalasi ulang software. Proses instalasi ulang ini ada 2 cara pertama lewat recovery tanpa PC dan kedua lewat PC.

Untuk cara install ulang lewat recovery bisa Anda ikuti dibawah ini.

  1. Download Software HP Realme Anda.
  2. Pindahkan file tersebut ke SDcard/Memory Card.
  3. Jangan menaruh file tersebut di dalam folder.
  4. Masukan SDcard ke HP Realme yang bootloop.
  5. Tekan tombol Volume Bawah dan Power bersamaan selama beberapa detik dan lepasakan.
  6. Setelah masuk ke ColorOS Recovery.
  7. Pilih Install From storage devices.
  8. Pilih From SDcard.
  9. Pilih ROM yang di download tadi.
  10. Tap tombol YES untuk konfirmasi.
  11. Otomatis memulai proses instalasi.
  12. Tunggu sampai selesai.

Jika masih tetap bootloop, coba lakukan flash lewat PC tapi memang di HP Realme ini cukup sulit untuk melakukan flash lewat PC sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli.

Penutup

Demikianlah 2 solusi mengatasi bootloop pada HP Realme, semoga hanya dengan salah satu cara diatas ponsel kesayanganmu bisa diperbaiki.

Share panduan ini ke teman pengguna Realme yang lain agar mereka juga bisa berhasil memperbaiki HP mereka tanpa harus ke tempat service.

Silahkan rutin untuk berkunjung kemari agar Anda bisa mendapatkan berbagai tips terkait smartphone Realme. Jika ada pertanyaan yang berhubungan dengan bootloop ini silahkan bertanya lewat komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *