Cara UBL Unlock Bootloader Hp Xiaomi Terbaru 2020

Saat ini untuk memodifikasi Hp Xiaomi dengan custom ROM, kernel, TWRP ataupun membuka akses root, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah Unlock Bootloader atau bisa disingkat dengan UBL.

Sekitar akhir tahun 2015, Xiaomi merilis Mi4c yang merupakan smartphone pertama mereka yang di locked bootloader (bootloader terkunci). Dan mulai saat itu semua Hp Xiaomi sudah dibekali dengan bootloader terkunci (Locked Bootloader).

Daftar Hp Xiaomi Locked Bootloader

Berikut ini daftar Hp Xiaomi yang di kunci bootlaoder, kalau Anda salah satu pemilik smartphone Xiaomi dibawah ini, untuk memasang TWRP ataupun membuka akses root, Anda wajib terlebih dahulu melakukan UBL (Unlock Bootloader).

Xiaomi Redmi:

Redmi 3/3Proido
Redmi 3S/3Xland
Redmi 4prada
Redmi 4 Promarkw
Redmi 4 Arolex
Redmi 4Xsantoni
Redmi 5Ariva
Redmi 5rosy
Redmi 5 Plusvince
Redmi 6cereus
Redmi 6Acactus
Redmi 6 Prosakura
Redmi 7lavender
Redmi 7Apine
Redmi Note 3hennessy
Redmi Note 3Prokenzo
Redmi Note 4 (MTK)nikel
Redmi Note 4 (SD)mido
Redmi Proomega
Redmi Note 3Pro SEkate
Redmi Note 5A Liteugglite
Redmi Note 5A Primeugg
Redmi Note 5 Prowhyred
Redmi Note 7lavender

Xiaomi Mi:

Mi 4clibra
Mi 4saqua
Mi 5/5Progemini
Mi 5scapricorn
Mi 5s Plusnatrium
Mi 5csong
Mi 5xtiffany
Mi 6sagit
Mi A1tissot, tissot_sprout
Mi Notevirgo
Mi Note LTEvirgo_lte_ct
Mi Note Proleo
Mi Note 2scorpio
Mi Note 3jason
Mi Maxhydrogen
Mi Max Prohelium
Mi Max 2oxygen
Mi Mixlithium
Mi Mix 2chiron
Mi 8 SEsirius
Mi 8dipper
Mi MIX 2Spolaris
Mi 6xwayne

Pengertian Tentang Bootloader

Bootloader adalah sebuah program kecil yang tertanam di MBR yang pertama kali berjalan saat sebuah perangkat Android dihidupkan. Bootloader ini akan memanage proses booting sampai perangkat Anda berhasil masuk ke sistem Android.

Bootloader pada Android ada 2 macam yaitu Locked Bootloader dan Unlocked Bootloader.

Locked Bootloader

Locked Bootloader ini selain berfungsi mengatur proses booting, program ini juga akan melakukan validasi setiap partisi yang ada di perangkat Android. Kalau salah satu partisi tersebut sudah dimodifikasi program ini otomatis akan berhenti bekerja alias tidak akan meneruskan proses booting perangkat.

Misalkan Anda mengganti partisi Recovery dengan TWRP, saat bootloader melakukan validasi dan ketahuan partisi tersebut sudah di ganti atau dirubah, bootloader akan berhenti bekerja.

Unlocked Bootloader

Unlocked Bootloader ini hanya bekerja mengatur proses booting saja, tanpa menghiraukan partisi yang ada di perangkat tersebut sudah diganti ataupun tidak. Contoh Hp Xiaomi yang Unlocked Bootloader seperti Redmi 1s, Redmi 2 dan Redmi Note 2.

Untuk pengguna Hp Xiaomi yang menggunakan Locked Bootloader dan ingin mengubah menjadi Unlocked Bootloader Anda harus melalui proses yang dinamakan Unlock Bootloader atau UBL.

Untuk proses UBL di Xiaomi ini memiliki cara tersendiri, tiap vendor menerapkan kebijakan sendiri-sendiri bahkan ada yang tidak mengizinkan untuk melakukan UBL tapi rata-rata vendor besar seperti Google, Huawei, Sony, HTC, LG memberikan kita kebebasan untuk melakukan Unlock Bootloader.

Kelebihan Unlock Bootloader

  1. Bisa memasang Custom Recovery, Custom Kernel dan Custom ROM.
  2. Dapat membuka akses root dengan menggunakan TWRP.
  3. Bisa melakukan flashing ulang firmware tanpa harus melakukan test point.

Kekurangan Unlock Bootloader

  1. Mengganti partisi memiliki resiko, dimana kalau salah prosedur bisa menyebabkan bootloop.
  2. Selain itu, Hp kamu tingkat keamananya akan jadi rendah, mudah disusupi virus atau malware.
  3. Beberapa fitur tidak akan berjalan dengan baik seperti Find Device, aplikasi perbankan.
  4. Tidak bisa melakukan update OTA (over-the-air) terkecuali menggunakan TWRP yang sudah support OTA.

Sekarang saya harap Anda sudah memahami tentang bootloader ini dan mengerti mengenai resiko yang akan dihadapi nanti setelah sukses melakukan Unlock Bootloader.

Apabila Anda memang sudah bulat meniatkan untuk membuka kunci bootloader Hp Xiaomi Anda, silahkan mengikuti panduan cara unlock bootloader Hp Xiaomi.

Proses Lengkap Unlock Bootloader Xiaomi

  1. Pertama yang harus Anda siapkan adalah mendownload Mi Flash Unlock ini yang mana merupakan sebuah tool PC Windows yang dibuat oleh Xiaomi untuk melakukan proses UBL. Jadi kamu harus memiliki PC atau Laptop dengan OS Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10. Setelah itu extract file tersebut di PC, terserah di drive C:/ atau D:/
    Mi Flash Unlock Tool
  2. Langkah selanjutnya pastikan sudah memiliki Akun Xiaomi, kalau belum silahkan mendaftar terlebih dahulu melalui Hp yang akan di UBL. Untuk membuatnya buka Setelan dan pilih Akun Mi.
  3. Kalau sudah berhasil Akun Mi terdaftar di Hp Xiaomi Anda, langkah selanjutnya mengaktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang. Caranya buka SetelanTentang Telepon kemudian klik sebanyak 7x berturut-turut pada tulisan Versi MIUI. Nanti akan muncul notifikasi Anda sekarang telah menjadi pengembang.
  4. Kalau sudah, sekarang pilih Setelan TambahanOpsi Pengembang. Selanjutnya Anda aktifkan Buka Kunci OEM dan Debugging USB.
  5. Sekarang lakukan Binding Akun. caranya buka menu Status Mi Unlock di bagian bawah menu tersebut klik tombol Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses, akna muncul notifikasi “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang.
  6. Sekarang Anda buka folder Mi Unlock yang telah di extract di PC, klik file MiFlashUnlock.exe.
  7. Kemudian klik Agree untuk konfirmasi. Kemudian masukan Mi Akun Anda yang telah berhasil di binding tadi.
  8. Sekarang masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan hape Xiaomi Anda kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode kemudian sambungkan ke PC/Laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  9. Pada Mi Flash Unlock akan terlihat status Phone Connected dan pada bagian bawah Anda klik tombol Unlock.
  10. Dalam beberapa detik, asalkan internet yang Anda gunakan lancar, akan terlihat status Unlocked Successfully. Itu menandakan Anda sudah berhasil melakukan unlock bootloader.

Tetapi tiap orang akan berbeda hasilnya ada yang langsung sukses dan banyak juga yang disuruh menunggu dalam beberapa hari ada yang 3 hari, 7hari bahkan kalau lagi apes 30 hari alias sebulan.

Gambar diatas menyatakan “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti silahkan lakukan lagi UBL seperti cara diatas setelah 72 jam atau 3 hari.

Saya berharap dengan tutorial diatas Anda bisa langsung sukses tapi kalau seadainya disuruh menunggu yang harus sabar.

Semoga dengan adanya tutorial cara Unlock Bootloader Hp Xiaomi yang saya jabarkan diatas bisa berguna buat para Mi Fans yang memiliki Hp Xiaomi Locked Bootloader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *